PEMKAB TALA

Bumdes Diharpkan Ada Di Semua Desa

INFOTANAHLAUT.COM- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai salah satu sumber pendapataan bagi desa, di harapkan Bumdes ini sudah berdiri di semua desa di Kabupaten Tanah Laut.
Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) M.Hanil, Selasa (24/4) kemrin mengatakan, usaha yang dilakukan Bumdes itu beragam sesuai dengan potensi di desanya masing-masing, disamping pada personil yang duduk di Bumdes pun di lihat dari kemampuan SDMnya, orang-orang yang duduk di Bumdes adalah berjiiwa bisnis karena Bumdes merupakan perusahaannya milik desa, namun dengan catatan personil di Bumdes tidak di bolehkan melibatkan aparat desa, dan harus murni dari warga.
Seperti halnya potensi di Kecamatan Kintap sebagai daerah pertambangan, kini di semua desa di kecamatan tersebut telah terbentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), atau ada sebanyak 14 desa yang telah terbentuk.
Saat ini terang Hanil pula, ada sebanyak 44 Bumdes yang sudah terbentuk dan tersebar di berbagai kecamatan. Semula ada 48 Bumdes akan tetapi setelah dilakukan verifikasi hanya tersisa 44 Bumdes saja, hal tersebut di nyatakan tidak lolos lantaran ada Bumdes yang tidak memiliki AD ART, kemudian ada yang melibatkan aparat desa, sementara usulan atau persiapan pembentukan Bumdes yang baru ada sebanyak 20 buah.
Sebagai dasar hukum pembentukan Bumdes yakni UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, PP nomor 47 tahun 2015 tentang perubahan PP nomor 43 tahun 2014, Peraturan Menteri Desa Tertinggal Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes) nomor 1 tahun 2015 tentang pedoman kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa, serta Permendes nomor 4 tahun 2015 tentang pendirian, pengawasan dan pengelolaan dan pembubaran bumdes.
Hanil menambahkan, usaha-usaha yang dilakukan Bumdes di antaranya membuka usaha gerai industri rumah tangga, simpan pinjam, kerjasama dengan CSR perusahan, serta ada yang mengelola pasar sebagai aset dari pemerintah desa yang di serahkan ke Bumdes.
“target terbentuknya Bumdes di semua desa di Kabupaten Tanah Laut sebanyak 130 desa, dan menyangkut kepengurusan Bumdes sendiri paling lama 5 tahun dan paling sedikit 3 tahun,” terang Hanil.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook