PERTANIAN & BUDIDAYA

Bupati Minta Segera Proses Tanam

INFOTANAHLAUT.COM-Setelah alat mesin pertanian (Alsintan) yang berada di Dinas Tanaman Pangan, Holtikulutura dan Perkebunan (Distanholbun) Tala telah di serahkan kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) oleh bupati Tala H.Sukamta pada Kamis (3/1/2019) pekan tadi, maka bupati segera meminta kepada petani untuk segera melakukan proses tanam.
“ya, segera di atur untuk proses percepatan tanam agar tidak tidak terlambat, karena kalau terlambat maka resiko gagal pun akan sangat tinggi. Alsintan yang telah di bagikan berharap dapat menjadi pendorong dan penyemangat petani,”kata bupati Tala.
Bupati Tala menambahkan, bantuan alsintan yang luar biasa banyaknya tersebut semangat petani pun dapat semakin meningkat, karena efeknya juga akan menghasilkan produksi yang di harapkan bisa meningkat pula.
Kabupaten Tanah Laut telah di anugerahi lahan pertanian yang luar biasa oleh Allah SWT, maka sudah seharusnya di manfaatkan semaksimal mungkin, dan akan menghasilkan sesuatu yang yang bermanfaat pula bagi umat di Tanah Laut.
Lebih lanjut bupati Tala mengatakan, saat sekarang ini tanaman pangan dan jagung adalah yang kontribusinya cukup besar terhadap nilai tukar petani di Tala. Alhamdulillah nilai tukar petani Tala di atas Nasional di mana di Tala senilai Rp 102 ribu sementara nasional Rp 101 ribu.
“dari mana jadi bisa tinggi, tidak lain dari hasil padi dan jagung karena 2 komoditi ini selama 5 tahun terakhir harganya cukup stabil, bahkan cenderung naik,”ungkap bupati Tala.
Sementara menyangkut alsintan, menurut bupati Tala memang alsintan masih kurang, cuma nanti di atur dengan sistem brigade agar lebih efektif di dalam mendayagunakan alsintan tersebut. Brigade maksudnya, ketika satu Poktan kekurangan alsintan, maka di siapkan untuk di pinjamkan guna menyelesaikan pekerjaan pada luas lahan di poktan tersebut. Begitu seterusnya bagi bergiliran bagi Poktan yang lain yang memang memerlukan. Dan peminjaman pun gratis, cuma juga di minta kepada petani tolong alsintan di rawat dengan baik, jangan sampai rusak karena untuk kepentingan seluruh petani, tutup bupati Tala.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook