PUBLIK

Buruknya Cuaca Membuat Tongkang Terdampar

INFOTANAHLAUT.COM- Karena buruknya cuaca di perairan di wilayah Kecamatan Takisung, sebuah tongkang yang kerap di gunakan untuk mengangkut batubara isi 50 ribu matrik ton terdampar di perairan Desa Telaga Langsat Rt 1 Rw 1 yang berbatasan dengan Desa Kuala Tambangan di Kecamatan Takisung.
Tongkang yang parkir di pesisir pantai Desa Telaga Langsat itupun menjadi tontonan warga, utamanya bagi anak-anak warga setempat yang bermain-main di tongkang. Anak-anak bahkan sampai ada yang memanjat sampai ke atas bagian tongkang.
Untuk mencegah tongkang bergerak, maka di ikatkan dengan seutas tali tambang ukuran besar pada sebuah pohon yang tidak jauh dari posisi tongkang.
Menurut Faturahman warga Desa Telaga, Jum’at (12/1) menuturkan, memang asalnya terlihat tongkang tersebut di tarik oleh kapal penarik (tugboat) menuju arah Banjarmasin pada sore kemarin sekitar pukul 18.00 wita, dan pada sore kemarin hujan memang turun dengan derasnya di perairan maka kemungkinan tali penarik tongkang itu terputus dari kapal penariknya akibat gelombang laut yang cukup tinggi.
“lambat laun tongkang akhirnya mendekati pesisir pantai Desa Telaga, hingga akhirnya terdampar di pesisir sekitar 1 jam kemudian,” jelasnya.
Ia menambahkan, untuk kapal penariknya sendiri langsung berlayar menuju arah Banjarmasin, mungkin untuk melaporkan atau mencari bantuan. Akan tetapi melihat pada posisi tongkang yang terjebak pasir dan lumpur, maka untuk bisa mengevakuasi tongkang harus menunggu air laut pasang.
Terdamparnya tongkang untuk muatan batu bara tersebut sudah satu malam terparkir di pesisir pantai. Beberapa anggota dari Kepolisian juga telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdamparnya tongkang, dengan maksud untuk memastikan tidak ada hal-hal lain yang tidak di inginkan terjadi di balik terdamparnya tongkang.
Untungnya, tongkang yang terdampar itu tidak dekat dengan pemukiman warga dan hanya terdampar di areal lahan kosong, padahal jarak pemukiman Desa Telaga Langsat yang juga perkampungan nelayan itu kurang lebih 1 km.
Sejauh ini belum di ketahui secara pasti siapa perusahaan yang memiliki tongkang tersebut, namun pada bagian kiri dari badan tongkang bertuliskan Rudy 309.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook