PEMERINTAHAN

Cabe, Jagung, Kedelai Disuport APBN

INFOTANAHLAUT.COM- Melalui APBN tahun 2018, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tanah Laut mendapat angin segar untuk pengembangan atau peningkatan komoditi cabe, bawang merah, Jagung dan kedelai.
Kepala dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tala Ahmad Mustahdi, Sabtu (16/9) kemarin mengatakan, untuk peningkatan komoditi seperti cabe rawit dan cabe besar seluas 100 hektar, bawang merah 50 hektar, jagung 10.000 hektar dan kedelai 9.000 hektar.
“semua yang menyangkut peningkatan komoditi tersebut sudah di sosialisasikan kepada kelompok tani (poktan), tercacat ada 27 poktan, 16 poktan di antaranya untuk pengembangan cabe rawit, dan 11 poktan untuk pengembangan cabe besar. Ada 15 poktan lainnya untuk pengembangan bawang merah, dan pada bulan Oktober ini sudah mulai di kerjakan, karena prediksi bulan Oktober 2017 masuk dalam musim tanam atau musim hujan,”jelasnya.
Dari pengembangan komoditi bantuan dari APBN tersebut lanjut Mustahdi, seperti cabe itu juga di dapatkan bantuan berupa benih, mulsa plastik (penahan tumbuhnya gulma/rumput), pupuk organik, pupuk an organik, alsintan berupa Cultivator sebanyak 50 buah. Dalam 2 hektar di bantu 1 cultivator. Kemudian untuk komoditi bawang merah di bantu pula benih, mulsa plastik, pupuk organik, pupuk an organik, cultivaor dan mesin pompa air.
Untuk ketersediaan lahan sudah tidak ada masalah, karena poktan yang bakal mendapatkan bantuan dari APBN tersebut sudah siap dan tersebar di semua kecamatan, sehingga optimis pengembangan dan peningkatan komoditi tersebut bisa tercapai, tutup Mustahdi.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook