KESEHATAN

Cacing Didaging Haruan Ternyata Parasit

INFOTANAHLAUT.COM-Temuan cacing di dalam daging ikan Haruan (Gabus) di Desa Kandangan Lama yang sempat menghebohkan warga,hingga sampai ke medsos ternyata cacing tersebut berjenis Parasit.
Dari hasil pengujian Balai Perikanan Budidaya Tawar Mandiangin Kabupaten Banjar terhadap sampel ikan Haruan yang ada cacingnya nomor: 1-141/ LHU/BPBAT/-M/VIII/2018 tertanggal 29 Agustus 2018 menyebutkan hasil uji (Tes result) pada sampel ikan Haruan yang masih hidup maupun terhadap ikam Gabus yang kering adalah jenis parasit.
Plt kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikananan Tala Rizayadi,Jum’at (31/08/208) mengatakan, sekedar informasi bahwa cacing yang ada pada ikan Gabus di Desa Kandangan Lama termasuk jenis Camallanus sp atau Nematoda yang disebut Cacing Parasit dan Gilig. Jenis cacing tersebut biasnya menyerang pada usus dan pencernaan ikan dan ukurannya maksimal 1 cm dan ia hidup bebas di perairan dan di makan oleh ikan.
“kalau toh di masak dengan suhu di atas 55 derajat Celsius dalam waktu 1 menit,maka cacing akan mati dan aman untuk di konsumsi,kalau di asap atau di garam masih berpeluang aktif (hidup),”katanya.Tung

5
45%
like
0
0%
love
4
36%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
2
18%
angry

Komentar Facebook