PEMKAB TALA

“Cangkul” Alat Berat Disiapkan Untuk Tanam Jagung

INFOTANAHLAUIT.COM-Untuk menunjang program penanaman komoditi jagung di lahan baru yang masih di tumbuhi rerumputan liar, atau lahan tidur yang tidak termanfaatkan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala harus melakukan pembukaan lahan tidur-tidur yang tiada ada yang punya guna di cangkul agar bisa di tanami.
Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala bahkan mendapat bantuan 3 buah alat berat jenis Exavator PC 200.
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala Ir.Ahmad Mustahdi, Senin (16/4) mengatakan, alat-alat berat tersebut di persiapkan dalam rangka untuk membuka lahan tanaman jagung, kemudian juga untuk rehabilitasi atau optimalisasi lahan pasang surut, bisa juga di gunakan untuk pembuatan tanggul-tanggul atau saluran.
Terhadap bantuan 3 alat berat dari Kementerian Pertanian tersebut, namun 2 alat masih menyusul di kirim, pekan tadi bahkan opengoperasian alat berat di tinjau oleh Ir. Bustanil selaku Direktur Alsintan dari Kementerian Pertanian bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perekbunan Tala belum lama tadi.
Saat peninjauan dari Kementeriaan Pertanian tersebut di Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan, pengerjaan pembukaan lahan dilakukan pada lahan Inhutani III. Tidak perlu bagi kelompok tani di sana dalam mengoperasionalkan alat berat tersebut, karena ada salah seorang anggotanya yang berpengalaman dengan alat tersebut, jelas Mustahdi.
“Pengerjaan lahan di Desa Kandangan Lama sudah mencapai 40 persen yang selanjutnya akan terus meluas sampai ke wilayah Desa Sabuhur Kecamatan Batu Ampar, sementara target sasaran pembukaan lahan untuk jagung seluas 200 hektar yang tersebar di berbagai kecamatan,”jelas Mustahdi.
Tahun 2018 ini, Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikutura dan Perkebunan mendapat bantuan dari APBN berupa 50 ribu ton bibit jagung berikut pupuknya. Untuk komoditi padi juga mendapat bantuan sebanyak 10 ribu ton bibit padi Gogo, serta kedelai sebanyak 25 ribu ton.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook