PUBLIK

Cangkul,Sekop Dan Sapu Bekerja Di TPA Bakunci

INFOTANAHLAUT.COM-Apa jadinya ketika peralatan pertanian seperti cangkul di pegang anggota Polisi maupun TNI jika mereka gunakan untuk mengobok-obok sampah, sudah pasti sampah yang semula berserakan pun akan terlihat bersih. Tidak hanya cangkul dan sekop,
peralatan kebersihan lain pun seperti sapu lidi juga ikut menari-nari mengais dan mengumpulkan sampah-sampah. Itulah sebuah aksi kebersihan yang dilakukan anggota Polres Tala dan Kodim 1009 Pelaihari, ibu-ibu Bhayangkari dan pasukan kebersihan Pemkab Tala, Kamis (21/2/2019)dalam sebuah aksi bersih-bersih di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bakunci Matah Pelaihari.
Aksi bersih-bersih merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019. Sebelum aksi bersih-bersih di mulai, di awali dengan apel bersama di pimpin Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan di dampingi komandan Kodim 1009 Pelaihari Letkon Infanteri Bagus Budi Adrianto.
Dalam apek, Kapolres Tala menyampaikan sambutan Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani. Dalam arahannya Kapolda Kalsel mengatakan, latar belakang adanya HPSN berawal dari mengenang tragedi TPA Leuwijagah,Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2015 lalu, dimana saat itu tumpukan sampah di TPA Leuwigajah ambrol akibat guyuran hujan hingga sampai 1 km, hingga akhirnya membawa korban jiwa sebanyak 150 jiwa melayang di perkampungan Cilimus dan kampung Pojok Cireundue yang tertimbun sampah. Maka dengan latar belakang itulah setiap tanggal 21 Februari di peringati sebagai HPSN.
“Berkaca dari insiden kelam itulah, sampah menjadi permasalahan nasional, sehingga pengelolaanya perlu dilakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan serta dapat merubah prilaku masyarakat yang gemar membuang sampah sembarangan,”kata Kapolres.
Usai pelaksanaan apel, Kapolres Tala di dampingi Dandim 1009 Pelaihari menyerahkan sejumlah peralatan kebersihan seperti cangkul, sekop, sapu lidi dan serok sampah plastik kepada utusan masing-masing satuan.
Aksi bersih-bersih pun dilakukan di sekitar tempat penumpukan sampah seperti di taman-taman, sekitar kantor TPA dan lainnya baik oleh Kapolres maupun Dandim 1009 Pelaihari yang membaur bersama anggota lainnya. Aksi bersih-bersih juga secara setentak dilakukan se Indonesia.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook