Cara Memperbaiki UPS Sendiri – infotanahlaut.com
TUTORIAL

Cara Memperbaiki UPS Sendiri

INFOTANAHLAUT.COM- UPS merupakan salah satu perangkat pendukung Komputer yang paling vital, walaupun tanpanya komputer masih bisa dihidupkan. Bagi para pengguna PC yang mengandalkan listrik dari PLN, UPS wajib ada untuk antisipasi jika ada pemadaman listrik secara tiba-tiba. Perlu diketahui bahwa komputer yang sering mati tanpa proses shutdown akan lebih cepat rusak, baik hardware utama seperti hardisk dan registry sistem OS. Namun Seperti halnya perangkat elektronik lain, UPS suatu saat juga pasti mengalami kerusakan.

Bisakah UPS yang rusak diperbaiki? Tentu saja bisa, dan justru sangat disarankan karena Selain untuk menghemat anggaran karena harga UPS tergolong mahal, namun yang paling penting adalah agar kita tidak menumpuk sampah. Kerusakan UPS yang paling umum adalah karena baterainya yang sudah bermasalah sehingga tak bisa menyimpan listrik lagi dan UPS mati total. Sementara itu cara memperbaikinyapun mudah, Anda hanya cukup mengganti baterainya dan UPS siap digunakan kembali 100% seperti semula. Jadi sayangkan kalau dibuang, padahal harga baterai berkualitas bagus hanya sekitar 200-350 ribu rupiah saja. Apakah komponen elektronik yang lain dari UPS tak mudah rusak?… Semua alat apapun tentu saja bisa rusak, namun untuk komponen elektronik pada UPS lebih jarang rusak daripada baterai dalam banyak kasus.

Kali ini kami akan mencoba membagikan tips dan cara memperbaiki UPS merk ICA CE1200 yang mati total (led tidak ada yang nyala sama sekali), setelah kami cek sekringnya (Fuse) tidak ada masalah alias masih nyambung. Dan tanpa berpikir panjang lagi kami bongkar UPSnya dan kami cek komponen elktronik yang didalamnya.

Silakan simak video tutorial berikut:

Karena kondisi telihat battery menggelembung dan kami berkesimpulan bahwa UPS ini kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian battery saja dan benar ternyata memang setelah battery kami ganti dengan UPS yang masih baik langsung UPS ini bisa dinyalakan.

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca infotanahlaut.com

1
33%
like
1
33%
love
1
33%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Admin Infotala

Admin Infotala