PENDIDIKAN

Cara Pilkada Diterapkan SMP 3 Dalam Pemilihan Ketua Osis

INFOTANAHLAUT.COM- Cara baru bagi siswa sekolah SMP Negeri 3 Pelaihari dalam pemilihan ketua Osis mereka lakukan, dimana dalam pemilihan ketua Osis berikut wakilnya tersebut sangat mirip dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau pemilihan bupati dan wakil bupati sebuah kabupaten.
Jum’at (21/09/2018) siswa di SMP Negeri 3 melaksanakan pemilihan ketua Osis dan wakilnya di halaman sekolah,dan yang teristimewa dalam pemilihan ketua Osis dan wakilnya itu turut di hadiri ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut Arief Mukhyar.
Ada 3 calon ketua dan wakil ketua Osis yang di tampilkan yakni nomor urut 1 atas nama Melda-Syifa, nomor urut 2 atas nama Nadia-Sandy,dan nomor urut 3 atas nama Luqman-Rheysa semuanya duduk di kelas 8.
Semua rangkaian kegiatan di setting sama halnya dengan Pilkada di mulai dari pembentukan komisi pemilihan ketua Osis, penjaringan,pendaftaran,penetapan calon dan pengambilan nomor urut. Kemudian penyampaian visi dan misi hingga sampai hari pencoblosan,akan tetapi tidak dilakukan debat kandidat.
Pembina Kesiswaan SMP Negeri 3 Suhartoko mengatakan,tujuan utama adalah pembelajaran politik bagi seluruh siswa agar di masa mendatang siswa merasa biasa dan tidak sulit untuk mengikuti proses Pemilu. Dengan cara seperti ini ada pembelajaran demokrasi,dan di harapkan siswa antusias mengikuti proses Pemilu maupun Pikada karena itu merupakan pesta demokrasi yang menyenangkan.
Suhartoko menambahkan,ada juga siswa yang bertugas menjadi Panitia Pemilihan di TPS,mereka belajar melakukan proses pemilihan ketua OSIS ini seperti pada TPS yg sesungguhnya. Dan efeknya di masa mendatang ketika mereka di perlukan masyarakat maka sudah siap untuk menyukseskan Pemilihan Umum.
Sebelum memulai proses pemilihan,ketua KPU Tala Arief Muhkyar pun memberikan materi,baik tentang tata cara dan hal-hal lain yang menyangkut sebuah pemilihan dengan cara seperti itu.
Ketua KPU Tala Arief Muhkyar kepada infotanahlaut.com saat proses pemilihan tengah berlangsung mengatakan,dari pelaksanaan pemilhan ketua Osis dan wakil KPU memberikan apresiasi kepada pihak sekolah karena telah memfasilitasi kegiatan siswa untuk memberikan pendidikan berdemokrasi salah satunya dengan kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua Osis dengan cara layaknya Pemilu,baik menyangkut surat suara, kelengkapan pencoblosan,kota suara, bilik suara,tinta hingga sampai proses penghitungan surat suara.
“Kami ingin menjadikan kegiatan tersebut sebagai sosialisasi dari KPU dalam melakukan pendidikan politik dan demokrasi bagi masyarakat atau pemilih pemula,”katanya.
Ia menambahkan,kepada para siswa apabila nantinya telah memiliki hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menggunakan hak pilihnya,tidak golput, untuk memilih dan menetukan pemimpin yang akan melanjutkan pembangunan daerah dan menciptakan kesejahteraan bagi masyrakat,tutupnya.
Proses pemilihan pun berlangsung dan hasilnya pasangan Nada dan Sandi nomor urut 2 memenangkan pemilihan ketua Osis dan wakinya dengan mengantongi suara sebanyak 272,sementara nomor urut 3 Luqman dan Rheysa mengantongi suara sebanyak 43,dan nomor urut 1 Melda dan Syifa hanya mengantongi suara sebabyak 33 suara,serta suara tidak sah ada 80.Tung

23
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook