HIBURAN

Cuma Desa Panggung Yang Berani Tancapkan Panjat Pinang Terbanyak

INFOTANAHLAUT.COM-  Cuma Desa Panggung Yang Berani Tancapkan Panjat Pinang Terbanyak

Dari ratusan desa yang tersebar di Kabupaten Tanah Laut,cuma Desa Panggung Kecamatan Pelaihari yang berani menancapkan pohon panjat pinang yakni sebanyak 48 batang dalam rangka memeriahkan Hut RI ke 73.
Pelaksanaan panjat pinang yang serentak di buka dan di tancapkan di halaman samping kiri dari kantor Desa Panggung, Sabtu (18/08/2018) sore tadi menjadi tontotan gratis bagi ratusan warga setempat maupun dari luar Desa Panggung serta bagi siapa saja yang melintasi jalan A.Yani yang harus sementara menepikan kendaraan atau mobilnya ke pinggir jalan hanya untuk menyaksikan aksi panjat pinang.
Ketua panitia pelaksanan panjat pinang Hidayat mengatakan,dari ke 48 batang pohon Pinang merupakan kumpulan dari 24 buah Rt plus di tambah partisipasi 8 buah tiang dari pihak luar yakni Dinas Kepemudaan dan olahraga (Dispora),Polsek Pelaihari Kota,Koramil Kota,Anggota DPRD Tala dari fraksi Nasdem,Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Panggung, Pemerintah Desa Panggung,manajemen Duta Hotel,dan ketua panitia pelaksana secara pribadi.
“Dalam 1 tiang hanya terdiri dari 4 orang,dan rata-rata tinggi tiang setinggi 620 cm,dan panjat pinang juga di siapkan bagi kaum perempuan sebanyak 15 buah batang pinang,sehingga total keseluruhan batang pinang ada sebanyak 48 pohon pinang dan tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 45 batang pohon pinang,”kata Hidayat.
Ia menambahkan, dengan mengambil momentum Hut RI yakni tema yang di angkat yakni “Kerja Kita Prestasi Bangsa”,merupakan panjat pinang terbanyak se Kabupaten Tanah Laut,di samping untuk memberikan rasa keamanan bagi peserta panjat pinang di siapkan pula tim medis dari Puskesmas Desa Panggung yang siaga dengan armada ambulannya. Pelalaksanaan panjat pinang dilakukan selama 2 hari dan hari keduanya khusus untuk panjat pinang perempuan.
Sebelum pelaksaan panjat piang, di suguhkan tarian kreasi dari ibu-ibu kantor Desa Panggung dengan mengenakan kostum serba warna merah. Gerakan-gerakan luwes mengiringi irama lagu berjudul Syantik dari artis Siti Badriah.
Animo masyarakat yang ingin menyaksikan panjat pinang pun membludak hingga sampai si posisi halaman mesjid Muhammadiyah yang posisinya berseberangan dengan lokasi halaman kantor desa,dan harus melibatkan pihak Satlantas Polres Tala.
Teriakan dari para penonton pun semakin menambah semarak panjat pinang dan memberikan semangat kepada pemanjat yang mendekati lingkaran bagian atas yang sudah tergantung sejumlah hadiah-hadiah.
Dari sekian batang pohon pinang,paling tinggi pohon panjat pinang persembahan ketua panitia pelaksana Hidayat.Tinggi pohon pinang setinggi kurang lebih 7 meter sehingga membutuhkan pemanjatnya lebih dari 5 orang. Pohon pinang milik Dayat merupakan pinang paling favourite karena hadiah utamanya sepeda gunung.baz
Teks foto
TERBNYAK-Cuma Desa Panggung yang paling banyak lomba panjat pinang memeriahkan Hut RI ke 73 dengan batang pohon pinang sebanyak 48 buah.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.