PEMKAB TALA

Daerah Lumbung Dipacu Peningkatan Produksi Beras

INFOTANAHLAUT.COM- Penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di harapkan akan dapat memacu peningkatan produksi beras, terlebih bagi daerah yang merupakan lumbung padi, salah satunya di Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut.
Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan terus berupaya melakukan komunikasi kepada para petani dan penyuluh pertanian dalam rangka peningkatan produksi beras, disamping menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo menuju kembali swasemada pangan.
Sejalan dengan itu, bupati Tanah Laut H.Bambang Alamsyah, Rabu (7/2) menyerahkan alsintan kepada para petani di Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau.
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustadi menuturkan, alsintan yang di serahkan di antaranya yaitu 11 alat perontok padi yang di serahkan kepada perwakilan kelompok kelompok tani di Kecamatan Bumi Makmur dan bantuan alat panen padi besar (Combine Hasvester) yang di serahkan kepada kelompok tani Mufakat Desa Labuan Amas serta bantuan hibah Hand Tractor Rotary sebanyak 5 unit yang di serahkan kepada 5 kelompok tani yang ada di Kecamatan Bumi Makmur.
Dan untuk Kecamatan Kurau sendiri turut dilakukan penyerahan alsintan yaitu 3 unit perontok padi untuk 3 poktan di Kecamatan Kurau dan 1 unit bantuan alat panen padi besar (Combine Hasvester) yang di serahkan kepada poktan Rahmat Tani Desa Tambak Karya Kecamatan Kurau.
Sementara itu bupati Tala menyampaikan, pertanian adalah sektor di prioritaskan karena 70 % masyarakat di Kabupaten Tanah Laut adalah petani. Khususnya di Kecamatan Bumi Makmur dan Kurau yang menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Tanah Laut.
“Insha Allah anggaran tahun depan untuk pertanian di naikkan 3 kali lipat,”ucapnya.
Sementara warga khsusunya para petani berharap, adanya sinergi antara petani dan Pemkab dalam rangka peningkatan produksi beras. Apa yang menjadi keluhan petani sejatinya menjadi catatan untuk di tindak lanjuti.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook