PEMKAB TALA

Damri Siap Pasok Armada Jika Kecamatan Lain Perlu Dan Layak

INFOTANAHLAUT.COM-Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel siap untuk menambah armada bus Damri jika di kecamatan lainnya di Kabupaten Tanah Laut memerlukan armada tambahan bagi angkutan massal yang murah, aman dan memang layak di tambah.
Sejalan dengan itu, bupati Tala H.Sukamta di dampingi kepala Dinas Perhubungan Tala Andreas Evony beserta jajaran Dishub, Daryono,SE General Manajer PT. Damri provinsi Kalsel beserta jajaran, Senin (25/2/2019) meluonching kedua armada bus Damri sebagai angkutan massal yang murah dan aman dengan trayek ke Kecamatan Takisung dan Kecamatan Panyipatan.
Dengan memecahkan kendi berisi air kembang oleh bupati Tala, kedua armada Damri berukuran sedang itupun resmi melayani masyarakat menuju kedua kecamatan tersebut dalam hal angkutan.
Trayek kedua kecamatan tersebut juga terkoneksi dengan objek wisata pantai Takisung di Kecamatan Takisung dan pantai Batakan di Kecamatan Panyipatan. Bus akan berada di pemberhentiannya di objek wisata tersebut, untuk selanjutnya kembali ke kota Pelaihari dan parkir di terminal taksi Tanah Habang Pelaihari.
Dengan tarif Rp 4.000 untuk menuju Kecamatan Takisung sejauh 22 km, dan Rp 7.000 untuk menuju Kecamatan Panyipatan, warga sudah bisa menikmati angkutan murah dan aman.
Bupati Tala usai melakukan pemecahan kendi juga melakukan uji coba menyetir salah satu bus di dampingi Kadishub Tala Andreas Evony, namun hanya di dalam kawasan terminal taksi Tanah Habang Pelahihari.
“Belum berani membawa keluar, karena tidak tahu ukuran panjang bus ini,”ucap bupati Tala sambil menyetir.
Usai menyetir, bupati Tala mengatakan inilah yang menjadi harapan warga Tanah Laut, angkutan yang murah namun aman. Untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan armada bisa di tambahkan ke kecamatan lain, namun tentunya juga harus melalui survei.
Sementara itu, General Manajer PT. Damri provinsi Kalsel Daryono,SE mengungkapkan kalau memamg Kabupaten Tanah Laut siap untuk menambah armada, Damri Kalsel pun siap pula mendistribusikan armada.
“Mau 10 trayek juga siap di penuhi, awalnya ada usulan dari Dishub Tala, kemudian dilakukan rapat koordinasi ke kedua kecamatan bersama jajaran di Pemerintahn kedua kecamatan dan hasipnya di rasa layak, maka armada bus pun di distribusikan. Di Kalsel sendiri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Tabalong juga terlayani hal serupa,”kata Daryono.
Kedua bus pun sebelumnya melakukan uji coba perjalanan ke masing-masing trayek.
Hal senada di utarakan kepala Dinas Perhubungan Tala Andreas Evony, kedua bus beroperasi mulai pukul 08.00 wita menuju masing-masing trayeknya, siang sekitar pukul 14.00 wita kembali dari trayek dan kembali lagi ke terminal sekitar pukul 17.00 wita.
“Sementara untuk malam hari tidak di operasikan, dan masing-masing bus di bawa oleh 2 orang petugas dari Dishub Kalsel baik supir dan pembantunya,”kata Andreas.
Kadir, salah seorang penumpang jurusan Desa Bekatung di Kecamatan Takisung merasa sangat senang dengan adanya angkutan murah tersebut, karena selama ini jika ia ingin ke kota ke pasar Pelaihari selalu di antar oleh anaknya nail sepeda motor.
“Alhamdulillah dengan naik bus ini bisa membawa barang bawaan, kalau sebelumnya barang-barang bawaan di letakkan di sepeda motor,”ucapnya.
Pada lounching tersebut juga turut di saksikan masyarakat, karena pada hari ini bertepatan dengan hari pasar di kota Pelaihari.(Mul)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook