PUBLIK

Dana ASN Untuk Sarjiah Dan Naufal

INFOTANAHLAUT.COM- Setelah di motori oleh Komunitas 15 di bawah naungan bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretarian Daerah (Setda) Kabupaten Tanah Laut, yang melakukan penggalangan dana kepada semua SKPD untuk selanjutnya dana yang terkumpul di serahkan ke Sarjiah penderita kanker wajah, Sabtu (6/1) tadi. Dana yang terkumpul tersebut di serahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs.Syahrian Nurdin di dampingi Kabag Kesra Bambang Kusudarisman.
Sarjiah (70) yang tinggal jalan Karang Jawa Rt 4 (Seberang jalan Bakti) saat ini hidup bersama anak keduanya Talwihah (52). Mereka menetap di rumah kontrakan milik anaknya Rahman.
Cerita Talwiyah menuturkan, awalnya jadi mengalami kerusakan pada bagian wajahnya lantaran dulu ada terdapat tahi lalat di bagian hidung sebelah kiri. Namun karena sering di garuk-garuk lantaran gatal, maka tahi lalat itu pun akhirnya luka.
“kalau sudah gatal ibu susah di tegur agar jangan di garuk-garuk, namun karena kadang tidak di dengar maka terus saja di garuk. Akibat itulah luka dan terjadi inpeksi di tahi lalat yang di garuk hingga sampai luka,”katanya.
Selama 1 tahun ibu menderita luka tersebut, dan untuk makan atau minum pun harus pelan-pelan di suapi. Kalau mau buang air kecil atau BAB harus di angkat, dan itupun dengan memberi tanda dengan tangan, karena bersuara sudah tidak bisa lagi. Selain itu kalau malam hari terasa sakit, dan hanya di berikan obat penahan sakit, kadang sampai menangis kalau kesakitan, akan tetapi kalau sudah tidur nyenyak sekali, tambah Talwihah.
Sarjiah awalnya tinggal di Desa Panjataran, namun karena suaminya Alus meninggal dunia, maka ikut Talwihah yang menetap di Banjarmasin. Talwihah pun lantas pindah ke Pelaihari sejak menikah dengan Wahid suaminya, berikut Sarjiah pun di bawa ke Pelaihaari sudah dalam kondisi mengalami kanker di wajahnya.
Kondisi kanker wajah Sarjiah sudah cukup parah. Kondisi luka yang terus membesar tersebut sampai menutupi mata sebelah kananya, dan tulang hidung pun sudah terlihat.
Usai melakukan kunjungan dan menyerahkan dana kepada Sarjiah, Sekda Tala beserta Kabag Kesra langsung menuju Dusun Sundawa di Desa Batu Mulya Kecamatan Panyipatan.
Sekda langsung menuju rumah Muhamad Naufal (1,5) bocah yang menderita kelenjar getah bening yang di tandai adanya 3 buah benjolan di bagian belakang kepalanya.
Benjolan di kepala Naufal anak nomor dua dari pasangan Ibrahmin dan Rusdiana ini memang masih terlihat kecil, namun di khawatirkan akan terus membesar seiring dengan pertumbuhan fisiknya.
Kunjungan Sekda bersama kabag kesra turut pula di hadiri anggota Bhabinkamtibmas Polsek Panyipatan, anggota Koramil TNI serta kades Batu Mulya Masduki termasuk komunitas Respon Cepat 113 Tanah Laut Edwin Sihol.
Sekda berharap, Naufal segera di lakukan pengobatan apa lagi sudah ada BPJS.
“masa depan Naufal masih sangat panjang, dan hal ini patut untuk menjadi perhatian,” kata Sekda.
Dana yang terkumpul ini semata-mata untuk mengetuk hati para ASN, dan murni sebagai gerakan kemanusiaan tidak ada muatan apa-apa, bukan lantas Pemkab tidak memperhatikan warganya yang sakit, namun kalau harus menggunakan dana daerah jelaslah ada aturannya dan hal itu pun terlalu lama birokrasinya karena ada aturan, maka dari itu sebagai tindakan kemanusiaan yang di anggap cepat dan efektif dengan melakukan penggalangan dana ke ASN, dan hasilnya Alhamdulillah banyak ASN yang memberikan rasa simpati, kata Sekda.
Sekda juga berharap bagi siapa saja yang mungkin ada mendengar kalau ada warga yang sakit dan tidak memiliki dana untuk berobat segera melaporkannya, karena hal itu pasti akan di tindak lanjuti.
Kepada Rusdiana ibu Naufal, Sekda pun memberikan dana yang di dapat dari hasil penggalangan dana dari ASN tersebut, dan nampak mata Rusdiana berkaca-kaca saat menerima dana.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook