WISATA

Danau Baung Punya Potensi-Paunjunan Karukan

IMG_20160730_170259INFOTANAHLAUT.COM-Paunjunan Karukan Gunung Raja ternyata dulunya merupakan sebuah danau bernama Danau Baung. Menurut keterangan penduduk setempat dinamakan demikian karena dulunya disana banyak terdapat jenis ikan tersebut. Kemudian setelah beberapa tahun kemudian atas usulan Masyarakat, oleh pemerintah Kabupaten Tanah Laut, danau tersebut diperluas hingga sampai ke jalur sungai besar di kawasan Bati-bati dengan cara membuat saluran untuk Irigasi Pertanian.

IMG_20160730_170031Pada saat ini saluran irigasi tersebut ternyata tidak berfungsi dengan baik, sehingga manfaatnya kurang dirasakan oleh petani setempat, namun disisi lain akhirnya lokasi tersebut ramai digunakan oleh warga untuk memancing ikan dan bahkan sekedar bersantai ria. Dari hasil Liputan  Reporter TP FM bersama Wartawan Metro TV(Sabtu, 30 Juli 2016) kemarin, ternyata memang setiap harinya banyak warga yang datang kelokasi tersebut, bahkan menurut petani setempat Wasniah,” saban hari nang datang kesini kada hanya buhan kampung sinija, tapi jua buhan mana-mana datangan maunjun kasini”. Menurutnya mereka datang sekitar pukul 14.00 siang sampai dengan sore harinya.

Dengan kondisi demikian warga berharap agar lokasi ini bisa terpelihara dan lebih diperhatikan untuk bisa diperhatikan khususnya oleh pemerintah daerah, karena saluran irigasi ini akan sangat bermanfaat untuk peningkatan produksi hasil pertanian khususnya padi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook