Dari Acan Sampai Kerang Tersedia Dipasar Pantai – infotanahlaut.com
WISATA

Dari Acan Sampai Kerang Tersedia Dipasar Pantai

INFOTANAHLAUT.COM-Berwisata ke pantai Takisung (22 km) dari ibukota Kabupaten Tanah Laut tentu tidak semata hanya untuk menikmati suasana pantai,namun di lokasi tersebut juga menyediakan atau menjual hasil-hasil produk lokal. Sebut saja mulai dari Acan (terasi),aneka ikan asin yang sudah di kemas atau tidak,hingga sampai kerang-kerang mahluk air asin yang telah di buat beragam bentuk kerajinan tangan guna memperindah suasana isi rumah dapat di jumpai.
Serba-serba berwisata di objek wisata andalan bagi Kabupaten Tanah Laut sambil belanja untuk oleh-oleh sepulang dari berwisata,sudah berlangsung cukup lama hadir melengkapi pengunjung yang ingin pulang membawa sesuatu ke rumah usai melakukan kunjungan ke pantai.
Tidak semata hanya menjual aneka makanan ikan hasil laut dan perhiasan rumah dari kerang,dapat di jumpai pula beberapa orang yang menjual kepiting pesisir pantai. Kepiting-kepiting tersebut bahkan di taburi aneka warna dari cat filox yang berwarna-warni,dengan tujuan memberikan daya tarik pengunjung melihat kepiting yang berwarna-warni dan bergerak kesana-kemari dengan ikatan tali di tangkai batang bambu.
Seperti di utarakan oleh M.Katohir yang tinggal di Desa Takisung,Senin (18/06/2018),ia selama 3 tahun berjualan kepiting hias,dan memang ide itu di dapatkan atau mengikuti teman saja.
“kepitingnya mencari sendiri di sekitar bibir pantai,jika banyak lobang-lobang maka di situlah kepiting bersimpan,dan harga kepiting yang sudah di beri cat warna-warni bisa Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per ekornya, itupun tergantung pembeli menawar,jika di jual Rp 10.000 di tawar Rp 5.000 ya di jual saja,”jelas Katohir.
Dalam sehari, jika tidak musim libur bisa sampai 10 ekor yang laku,akan tetapi jika liburan setelah lebaran atau tahun baru bisa sampai 15 ekor kepiting laku terjual.
Katohir menambahkan, jika orang beli maka di beri dengan bungkusan bekas botol air mineral yang di isi air laut, dengan maksud untuk minum kepiting,namun tetap terikat kepitingnya selain itu nasi dan ikan juga mau, dan jika di rumah juga bisa di berikan air garam.
Dagangan kepiting hias Katohir sengaja ia letakan di dekat penyewaan payung pengunjung.
Sementara itu bagi Ambar Arum yang menjual hiasan rumah dari kerang laut selama puluhan tahun dapat meraup keuntungan jutaan rupiah tergantung dari jumlah pengunjung.
“jika ramai pengunjung bisa saja sampai Rp 2 juta di dapat,namun sebaliknya jika sepi bisa dapat di bawah Rp 1 juta, dan yang paling suka di beli jenis bros dari kerang dengan harga Rp 10.000 dapat 3 buah. Pernak-pernik lampu hias yang tertiup angin berbunyi menjadi minat pembeli,”katanya.
Beragam oleh-oleh lainnya dapat pula di jumpai,seperti baju kaos bergambar pantai Takisung,kacamata,topi dan lainnya termasuk aneka makanan dan minuman.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook