PERTANIAN & BUDIDAYA

Dari Motor Trail Hingga Sentuh Tanaman Padi

INFOTANAHLAUT.CON-Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor atau yang biasa di sapa Paman Birin dan menggandrungi naik motor trail akhirnya menyempatkan diri melakukan panen perdana padi yang di kekola oleh kelomopok tani (Poktan) Gapura di Desa Maluka Baulin Kecamatan Kurau, Senin (25/3/2019).
Panen padi merupakan padi yang di tanam pada lahan rawa yang merupakan panen perdana, disamping merupakan tindak lanjut dari program SERASI Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) dari Kementerian Pertanian RI.
Kedatangan gubernur yang menggunakan motor trail bersama rombongan motor trail lainnya berjumlah kurang lebih ratusan rider. Baik gubernur maupun rider secara seragam mengenakan kostum bertuliskan “Bergerak”.
Gubernur Kalsel telah di tunggu bupati Tala H.Sukamta, Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Ketua DPRD Tala Hariyanto, kepala dinas tanaman pangan, holtikultra dan perkebunan (Distanholbun) provinsi Kalsel Samsir Rahman dan Distanholbun Tala Ahmad Mustahdi, para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian, serta masyarakat setempat.
Panen padi dilakukan gubernur Kalsel, bupati Tala, Kapolres Tala, Kadisntanholbun provinsi dan Tanah Laut.
Selesai memanen, gubernur bersama warga mengadakan pertemuan, namun pertemuan tidak membahas masalah pertanain, melainkan membacakan sambutan yang di selingi dengan kuis berhadiah oleh gubernur Kalsel. Hadiah-hadiah telah di siapkan di antaranya kipas angin dan sepeda.
Gubernur Kalsel mengatakan, melihat hasil panen, Pemprov Kalsek dan Kabupaten Tanah Laut bertekad untuk membalangkitkan sektor pertanian. Cukup puas dengan pertanian di Tala.
“Petani jangan ragu untuk bergerak, bersma pemprov Kalsel akan selalu mendukungan penuh, karena sektor pertanian peluang besar meningkatkan kesejahteraan petani,”kata gubernur Kalsel.
Pertemuan tidak lama setelah gubernur Kalsel membagi-bagikan hadiah door prize dan sepeda kepada warga setempat, karena gubernur beserta para rider harus melanjutkan perjalanan ke Desa Jilatan di Kecamatan Batu Ampar yang di lepas bupati Tala.
Sementara itu menurut Basri selaku kepala bidang tanaman pangan pada Distanholbun Tala mengatakan, pada tahun 2018 lalu khusus di Kecamatan Kurau telah dilakukan tanam padi seluas 1,785,5 ha, dan di bantu benih 46,125 kg varitas situ patenggang dan mipongga.
“Khusus pada Desa Maluka Baulin seluas 165 ha, dan bantuan benih 4.125 jenis patenggang dan mipongga. Hasil rata-rata padi sebanyak 5,76 ton per ha Gabah Kering Panen 7(GKP) atau 4,896 ton per ha Gabah kering Giling (GKG),”jelas Basri.Tung

1
50%
like
1
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook