PERISTIWA

Dari Siang Muncul, Petang Muncul Lagi

INFOTANAHLAUT.COM-Ancaman kebakaran lahan masih menghantui warga, seperti halnya kebakaran lahan yang dekat komplek perumahan Mangga Permai Residence di Kelurahan Sarang Halang, Rabu (18/9) sekitar pukul 19.00 wita.
Radin, warga komplek setempat menuturkan, memang sejak pukul 12.00 wita api sudah muncul dan oleh warga bersama 1 unit pemadam kebakaran saling berjibaku memadamkan kobaran api hingga sampai sore hari. Akan tetapi menjelang petang atau usai solat magrib api kembali berkobar dan jauh lebih besar dari api waktu siang hari, ujarnya.
Kobaran api mendekati komplek perumahan tersebut memang hamparan tanah kosong yang hanya di tumbuhi rerumputan mengering, sehingga sangat mudah untuk terbakar.
Kobaran api yang besar pada petang itu terang Radin, membuat warga setempat pun semakin siaga, dan menghubungi pemadam kebakaran.
3 unit mobil pemadam kebakaran dari Sat Pol PP dan Damkar serta BPBD Tala pun turun ke lokasi.
Sulitnya medan membuat petuga pemadam kebarakan pun harus ekstra kerja keras untuk menuju titik api sambil beberapa orang menyeret selang air dari mobil pemadam kebakaran.
Bahkan petugas pemadam kebakaran pun harus membawa alat semprot pinggang untuk menuju titik api.
Seperti yang dilakukan Eko, salah seorang anggota pemadam kebakaran yang harus masuk ke dalam semak belukar sambil membawa alat semprot pinggang, ia pun berjalan masuk ke titik api sambil menabrak ranting-ranting pohon, dan kadang harus melewati lobang-lobang bekas galian yang ada di dalam lahan tersebut.
Selain Eko, beberapa petugas pemadam lainnya dan masyarakat menggunakan ranting daun guna memadamkan api.
Proses pemadaman api pun berlangsung kurang lebih 1 jam, dan pasca kebakaran lahan warga setempat pun tetap waspada, karena bisa saja sewaktu-waktu api berkobar lagi lantaran rerumputan kering yang begitu mudah terbakar walaupun pada malam hari.
Kobaran api di lahan tersebut sedikitnya menghanguskan lahan kurang lebih 2 hektar.Tung

1
25%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
3
75%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook