SENI & OLAHRAGA

Delapan Perguruan Keluarkan Jurusnya Di GOR

INFOTANAHLAUT.COM-Sebanyak 8 perguruan pencak silat se Kabupaten Tanah Laut dan ada pula dari kota Banjarmasin saling mengeluarkan jurus andalan mereka masing-masing dalam laga Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2019 yang di gelar di GOR Berseri Pelaihari dalam rangka memperingati hari jadi Tala yang ke 54.
Jum’at (22/11) gelaran di buka Asisten 2 Akhmad Khairin dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali.
Pada pembukaan Ahmad Khairin menekankan kepada peserta, pencak silat adalah olah raga peninggalan nenek moyang yang sudah mendunia.
“Juri di minta bekerja sejujurnya dalam melakukan penilaan, dan kepada atlet bisa mengasah keterampilan, dan menjunjung sportivitas,”kata Khairin.
Di sela-sela kejuaraan tengah berlangsung, ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tanah Laut Ahmad Yani mengutarakan, alhamdulillah dalam pembinaan ke 8 perguruan di mulai dari dasar kembali, dan akan bertambah kembali 1 perguruan yang kesemuanya sudah menyatu dalam 1 organisasi IPSI, sehingga dalam pembinaan secara merata.
“Kedepan mungkin akan kembali menggelar even-even yang lebih akbar lagi, dan IPSI Tala mengutamakan pesilat-pesilat yang masih pemula, karena target bukanlah hari ini namun target di masa depan,”ucapnya.
Ia menambahkan, out put dari kejuaraan ini Kabupaten Tanah Laut harus menjadi juara kembali pasalnya pada Pra Pon yang belum lama tadi berakhir 50 persen atlet silat yang mewakili Kalsel adalah dari Tala. Akan tetapi juga ingin melestarikan, mengembangkan, mengangkat serta mempertahankan olahraga berbasis budaya ini sebagai milik bangsa Indonesia di tingkat dunia.
Pada kejuaraan ini sebanyak 250 orang pesilat terdiri dari 8 perguruan.
Pada Pra Pon di Jakarta belum lama tadi, 8 orang atlet pencak silat dari Tala yang lolos 3 orang untuk menuju Pon kelak.
Dalam kejuaraan paniti pelaksana menyediakan hadiah uang total Rp 37 juta rupiah, dengan rincian juara 1 sebesar Rp 7.500.000, juara 2 sebesar Rp 250.000 dan juara bersama 3 dan 4 sebesar Rp 300.000.
Disamping itu per kelas mendapatkan sebesar Rp 300.000 pula.
Hadiah per kelas ini baru kali pertama di berikan, karena kebiasaan pada setiap lomba hanya juara umumnya saja yang mendapat hadiah besar, namun kali ini semua kelas dapat hadiah sehingga di pastikan pulang tidak dengan tangan kosong kepada semua atlet dan perguruannya.
Pada pembukaan di hadiri pula Kasat Binmas Polres Tala Akp Pitoyo, dan jajaran Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tala serta jajaran IPSI Tala. Kejuaraan akan berlangsung selama 3 hari kedepan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook