POLITIK

Demokrat Pendaftar Pertama Bacalegnya

INFOTANAHLAUT.COM- Setelah di jadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut dari tanggal 4 sampai 17 Juli 2018 kepada partai politik untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan mengikuti pemilihan umum legislatif 2019 mendatang, Sabtu (14/07/2018) pendaftar pertama bacaleg ke KPU adalah DPC Demokrat Tanah Laut.
Berkas pendaftaran bacaleg dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini langsung di bawa ketua DPC Demokrat Tala H.Arkani,Spd.Msi dan beberapa orang pengurus lainnya.
Jajaran pengurus DPC Demokrat Tala yang sudah membawa bekas calegnya di terima oleh komisioner KPU Tala Ahmad Rozi dan Sekretaris KPU Aan Noor Huda di ruang media center KPU.
Usai menyerahkan berkas bacalegnya, Arkani mengatakan untuk DPC Demokrat calegnya full sebanyak 35 orang sesuai dengan kuota yang di tetapkan.
“Untuk melakukan pengurusan berkas dilakukan sesudah libur panjang lebaran kemarin termasuk tahapan penjaringan sebelum bulan puasa,pendek kata selama kurun waktu 2 bulan,”kata Arkani.
Ia menambahkan,untuk mekanisme bacaleg juga melalui tahapan seleksi caleg,psikotes dan animo masyarakat yang mendaftar ke DPC Demokrat sebanyak 44 orang,dan ada 9 orang yang di nyatakan tidak bisa di terima,selebihnya di ambil kembali 35 orang sesuai dengan kuota jumlah kursi di DPRD Tala.
Bacaleg dari DPC Demokrat Tala sendiri terdiri dari berbagai profesi. Mulai dari kalangan ulama,pengusaha, pendidikan,seniman,petani,pedagang, serta pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni Abdi Sastera yang juga mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) pada DPRD Tala.
Bacaleg termuda juga ada kata Arkani, yakni Ika Amalia yang usianya 21 tahun seorang mahasiswi akhir Politeknik Negeri Tala dan saat ini tengah menggarap skripsi. Selain yang muda tentu ada pula yang tertua yakni Aus Al Ansyari usia 65 tahun yang juga mantan dari partai PAN dan pernah sebagai anggota DPRD Tala di tahun 1999 sampai dengan 2004.
Bacaleg dari DPC Demokrat juga ada dari parpol lain yakni Surliyani yang dulunya dari PDIP,kemudian Abdul Basit PPRN, serta ketua PBB M.Rusdi. Sementara untuk kaum perempuan ada sebanyak 13 orang.
“Setelah syarat di terima KPU,semoga dari verifikasi yang dilakukan KPU ke DPC Demokrat tidak ada perbaikan,”ucap Arkani pula.
Sementara itu,komisioner KPU Tala Ahmad Rozi mengatakan,untuk persyaratan pencalonan tidak ada masalah,pendaftaran di terima. Nanti ada di umumkan mengenai syarat bakal calon legislatif pada tanggal 19 sampai 21 Juli 2018.
“Parpol di beri kesempatan untuk memperbaiki kelengkapan bacalegnya pada tanggal 22 sampai 31 Juli 2018,”kata Rozi.
Ia menambahkan,tidak mutlak ketua parpol ikut datang ke KPU mendaftarkan bacalegnya,cukup jajaran pengurus parpol lainnya,dengan catatan memang sudah lengkap segala persyaratan bacaleg.
KPU Tala membatasi waktu hingga sampai ke pukul 00.00 wita pada tanggal 17 Juli 2019 bagi parpol mendaftarkan bacalegnya. Penyusunan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) di jadwalkan pada tanggal 12 Agustus 2018.
Tercatat,di Kabupaten Tanah Laut ada sebanyak 16 parpol yang siap bertarung dalam pemilu legislatif dan ada 4 zona Daerah Pemilihan (Dapil) yakni dapil 1 Kecamatan Pelaihari dan Bajuin,dapil 2 Kecamatan Batu Ampar,Jorong,Kintap,dapil 3 Kecamatan Takisung,Panyipatan, Kurau,Bumi Makmur,dapil 4 Kecamatan Tambang Ulang dan Kecamatan Bati-Bati.
Pada pesta demokrasi Pemilu Legislatif juga bersamaan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) di tahun 2019 mendatang. Di TPS kelak saat hari pencoblosan akan ada 5 kotak suara yakni untuk suara DPD, DPR Pusat, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten dan Pilpres.Tung

1
50%
like
1
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook