PEMKAB TALA

Dermaga Pelabuhan Sudah Capai 400 Meter

INFOTANAHLAUT.COM- Sebagai daerah yang telah di tetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo, Kabupaten Tanah Laut yang masuk dalam kawasan strategi nasional, maka salah satunya adalah infrastruktur berupa pelabuhan laut, pembangunan Pelabuhan Swarangan Pelaihari di Kecamatan Jorong terus di genjot, dan kini telah terbangun sepanjang 400 meter dermaga atau JT menjorok kelaut dengan lebar 8 meter, dan membentuk bagian sisi dermaga atau sisi laut selebar 13 meter di sisi kanan dan kiri.
Kepala Dinas Perhubungan Tala Andreas Evony di dampingi Kepala Bidang (Kabid) Sungai, dan Penyeberangan Danoe Sulaiman Rabu (7/2) mengatakan, pembangunan dermaga tersebut telah selesai di tahun 2017 kemarin dengan sumber dana dari APBN.
Andreas menambahkan, sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) yang harus di bangun lagi yakni sepanjang 1,1 km secara keseluruhan, maka masih tersisa 700 meter lagi, sementara sumber dan dari APBN dengan besarnya anggaran sebesar Rp 50 milliar.
“dana tersebut di serahkan ke Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) kelas 3 yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Perhubungan yan berada di Swarangan,” jelas Andreas.
Pengerjaan pelabuhan dalam turut menopang program kawasan strategi nasional ini di perkirakan di tahun 2019 mendatang akan di teruskan dengan pembangunan sisi darat, gudang, kantor dan lapangan penumpukan barang, sehingga di targetkan pada tahun 2019 pelabuhan sudah beroperasi.
Sementara akses jalan masuk dari Dusun Sungai Pampan sejauh 1,7 km. Di samping itu lahan seluas 6 hektar yang merupakan lahan hibah dari Pemkab Tanah Laut ke Menteri Perhubungan.
Akses jalan 1,7 km itu kata Andreas merupakan hibah dari PT. Joronh Port. Jikalau PT.Jorong Port ingin mengembangkan investasinya di kawasan pelabuhan tersebut, sempama membangun kereta gantung itu merupakan tawaran investasi dan bukan dari Pemkab Tanah Laut.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook