PUBLIK

Desa Pemuda Pilot Project Penangkaran Bawang Merah

INFOTANAHLAUT.COM-Komoditi bawang merah saat ini hanya mengandalkan pengiriman dari wilayah Jawa, akan tetapi jika kondisi cuaca di perairan laut Jawa sedang tidak bersahabat, maka distribusi bawang merah ke Kalimantan Selatan pun jadi terhambat.

Sejalan dengan itu kini di Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari tengah di lakukan percontohan (Pilot Project) penangkaran komoditi bawang merah.

Di hamparan lahan seluas 1 hektar, tanaman bawang merah mulai tumbuh dengan suburnya, dan oleh salah seorang warga desa setempat yakni Momo Aris bersama beberapa temannya yang tergabung dalam kelompok tani Usaha Mandiri inilah yang mengembangkan penangkaran komoditi bawang merah.

Di perkirakan pada bulan April 2017 mendatang, hamparan bawang merah di lahan seluas 1 hektar itu sudah bisa di panen.

Penangkaran bawang merah ini sendiri tidak lepas dari binaan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut.

Sabtu (4/3) pekan tadi, oleh wakil bupati Tala H Sukamta bersama kepala dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tala Achmad Mustahdi melihat keberadaan penangkaran bawang merah.

“melihat potensi yang begitu besar untuk di kembangkannya bawang merah ini merupakan salah satu komiditas pangan yang sering kali berpengaruh pada faktor inflasi, dimana selain bawang merah juga seperti cabai yang mengalami lonjakan harga, ”terang wabup Sukamta.

Ia menambahkan, rakyat kita sudan pintar untuk menanam cabai maupun bawang, insya allah di bulan Juni akan di kembangkan seluas 5 hektar, 1 hektar di Desa Pemuda, 1 hektar di Desa Ujung Batu, 1 hektar di Desa Sumner Makmur, dan 2 hektar di Desa Kandangan Lama, untuk selanjutnya sebagai pengembangan seluas 20 hektar di Kabupaten Tanah Laut dengan harapan untuk tidak terjadi lagi lonjakan harga yang akan mendorong inflasi di Tanah Laut

Hal senada juga di utarakan oleh kadis tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tala Achmad Mustahdi yang menurutnya perkembangan potensi bawang merah cukup menjanjikan, karena sudah dilakukan bebetapa kelompok tani secara swadaya, ternyata perkembangan dan pertumbuhannya cukup baik pula, sehingga persoalan yang menyangkut bawang merah di Tanah Laut kedepannya bisa di atasi.

Sementara itu, Momo Aris selaku petani bawang merah mengatakan, sejak tanggal 19 Februari 2017 dilakukan penanaman.

“panen bawang merah sendiri dalam 1 hektar di perkirakan bisa mencapai 20 ton,” kata Aris.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook