PUBLIK

Desember, Pilkades Di 52 Desa Digeber

INFOTANAHLAUT.COM-Sesuai dengan skedul yang telah di tetapkan, maka pada bulan Desember 2019 tepatnya pada tanggal 11, secara serentak di 52 desa yang tersebar di semua kecamatan bakal di gelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).
Kasi Bina Penataan Administrasi Pemerintahah Desa dan Kelurahan Danawan Supriyadi,ST pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tala, Kamis (12/9) mengatakan, tahapan sekarang pendaftaran calon sampai tanggal 16 September 2019.
Di sebutkan Danawan, jika calon lebih dari 5 orang calon, maka melalaui tahapan tes, dan tes juga sesuai arahan bupati Tala H.Sukamta melalui tes Computer Asisted Test (CAT) yang sarana tesnya ada di kantor BKP SDM Tala.
Pelaksanaan Pilkades tersebut yakni di Kecamatan Pelaihari 10 desa, Kecamatan Takisung 2 desa, Kecamatan Panyipatan 8 desa, Kecamatan Batu Ampar 1 desa, Kecamatan Jorong 4 desa, Kecamatan Kintap 3 desa, Kecamatan Kurau 8 desa, Kecamatan Tambang Ulang 2 desa, Kecamatan Bumi Makmur 6 desa, dan Kecamatan Bati-Bati 6 desa.
Lebih lanjut di katakan Danawan, acuan Pilkades adalah Perda nomor 7 tahun 2019 tentang Pilkades.
Tahapan selanjutnya yakni penelitian berkas calon, jika calon kurang dari 2 orang maka dilakukan perpanjangan pendaftaran selama 20 hari kerja, dan untuk calon tunggal tidak di perbolehkan.
Akan tetapi seumpama tidak ada calon maka di ikutkan pada Pilkades tahun berikutnya.
Pelaksanan Pilkades merupakan pesta demokrasi di tingkat desa, dan dalam menunjang pelaksanaan Pilkades sudah pasti tidak lepas dengan yang namanya logistik Pilkades layaknya Pemilu presiden dan pemilu legislatif.
Menyikapi hal tersebut Danawan mengatakan, seperti halnya foto calon pada surat suara tetap berlatar belakang warna merah dan foto terbaru dari calon. Sejak bulan Agustus 2019 lalu panitia pembentukan desa telah di bentuk.
“Alhamdulillah untuk kotak suara dari bahan alumunium sebanyak 260 buah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala telah menghibahkannya, dan tinggal biliknya saja yang pinjam ke KPU. Anggarann pelaksanaan Pilkades di 52 desa sendiri di kalkulasi sebesar Rp 3,2 milliar rupiah,”tutupnya.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook