PUBLIK

Didaulat Sebagai Buah Khas Dibulan Puasa

INFOTANAHLAUT.COM-Buah Bilungka, sebagai buah yang khas di saat bulan puasa, maka kehadirannya di bulan puasa ini pun melimpah ruah. Bagi warga yang tinggal di Jalan A.Yani Rt 1 Desa Liang Anggang Kecamatan Bati-Bati, buah Bilungka sudah mereka panen dan tentu saja mereka juga sudah menghitungnya saat panen yang bertepatan dengan tibanya bulan puasa.
Buah Bilungka yang memilik beberapa warna seperti kuning, putih kecoklatan dan bahkan hijau seperti buah Timun memiliki rasa yang gurih, tidak terlalu manis namun daging buahnya berserat.
Bagi kebanyakan masyarakat, memperlakukan buah Bilungka selalu sebagai bahan utama untuk menu minuman es buah, atau sebagai bahan campuran es buah lainnya.
Panen raya buah Bilungka di Desa Liang Anggang ini tidak semata hanya untuk di jual kepada warga untuk keperluan menu berbuka puasa, namun para pedagang sayur dan buah lainnya mereka pun datang ke Desa Liang Anggang untuk membeli buah Bilungka dalam jumlah banyak.
Di utarakan Herlina, pedagang sayur dan buah dari Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang, Selasa (7/5/2019) ia membeli buah Bilungka untuk di jual kembali.
“Tadi beli buah Bilungka sebanyak 50 kg atau sebanyak 3 karung, harga per kilo buah ada yang Rp 3.000 dan Ro 4.000, ada pula yang mereka jual bijian seharga Rp 10.000 tergantung besarnya buah,”terang Herlina.
Menurutnya, harga di sini agak murah dan banyak pilihan, karena yang mereka jual yang baru saja di petik, bahkan kadang bisa menunggu beberapa jam untuk menunggu proses pemetikan buah selesai.
Pedagang sayur maupun buah tidak semata hanya dari lokal Kabupaten Tanah Laut saja, namun dari Banjarmasin dan Martapura juga membeli buah Bilungka di Desa Liang Anggang tersebut.
Seperti yang di katakan Asma penjual buah Bilungka, sejak 2 bulan lalu sebelum tibanya bulan puasa ia bersama warga lainnya menanam buah Bilungka ini. Lokasi tanaman sendiri hanya berjarak kurang lebih 1 km dari pemukiman, dan hasilnya lumayan baik, tidak ada gangguang serangan hama, buah bentuknya besar-besar dan tidak ada seperti bercak-bercak, baik warna kuning, putih kecoklatan dan hijau semuanya mulus.
“Alhamdulillah panen buah Bilungka cukup bagus,”tutupnya.
Keberadaan warga yang menjual buah Bilungka pun mendapat respon dari isteri bupati Tala H.Sukamta.
Pada hari itu sekitar pukul 11.00 wita, Hj.Nurul Hikmah Sukamta yang melintas di Jalan A Yani bersama beberapa ibu-ibu lainnya yang menggunakan mobil dinas mampir di salah satu penjual buah untuk membeli buah Bilungka.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook