DUNIA USAHA

Didua Event Raup Omzet Jutaan Rupiah

INFOTANAHLAUT.COM-Stand pameran dari Dekranasda Kabupaten Tanah Laut yang mengikuti Expo Nusantara ke-7 dalam rangka hari jadi ke 44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahun 2019, pada 19-21 April dan Pameran Inacraft ke 21 yang berlangsung dari tanggal 24 sampai 28 April 2019, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, dari kedua event tersebut telah meraup omzet sebesar Rp 30.700.000 rupiah.
Pada kedua event tersebut menyuguhkan kerajinan Kain Jimpitan Sasirangan khas Tala yang di produksi dari Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang dengan tiga motif khasnya yaitu motif Kijang, Anggrek dan Jagung. Selain itu juga ada tas Sasirangan, tas anyaman purun, amplang dari ikan patin, madu kalulut dan produk asli Tala lainnya.
Upaya promosi kerajinan daerah Kabupaten Tanah Laut dapat di kenal tingkat nasional maupun internasional terus di galakkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Laut (Tala), hal tersebut dilakukan agar produk dari pengrajin dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Tala mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pengrajinnya.
Bupati Tala H. Sukamta menilai, ajang Expo Nusantara ke-7 menjadi media untuk mempromosikan produk-produk khas unggulan dari Kabupaten Tanah Laut di kancah nasional maupun internasional.
Menurut Sukamta pula sebagai upaya Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Tala serta Dekranasda Tala yang selama ini melakukan pembinaan kepada para pengrajin dan UKM di daerah, untuk dapat menampilkan kerajinan dan produk yang berkualitas dengan mutu yang bagus, serta mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.
“Semua berkat kerja keras dari Disnakerin Tala dan Dekranasda Tala yang secara terus menerus melakukan pembinaan dan mendorong pengrajin dan UKM di Tala untuk berkarya,”kata bupati Tala.
Sukamta juga mengaku bangga karena stand dari Dekranasda Tala meraih omset yang cukup tinggi yaitu Rp 25 juta yang merupakan omset tertinggi di antara kabupaten/kota lain se Kalsel.
“Ya saya dapat informasi bahwa stand Tala mendapat omset yang sangat besar, itu pertanda bahwa produk dari Tala sangat unggul dan di sukai oleh para konsumen baik nasional maupun internasional,”ucap Sukamta.
Sukamta juga menekankan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada para pengrajin dan pelaku UKM di Tala melalui Dekranasda dan Disnakerin Tala.
Ketua Dekranasda Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta mengungkapkan, selama ini Dekranasda Tala melakukan pembinaan kepada para penghasil produk Sasirangan dari kelompok usaha bersama seperti Radita Sasirangan, Bungas Sasirangan, dan Karya Mandiri Sasirangan dari Kecamatan Tambang Ulang, serta Fanesya Sasirangan dari Kecamatan Bati-Bati.
“saat ini telah melakukan pembinaan kepada para pengrajin Sasirangan di beberapa kecamatan, dan hasilnya produk sudah tampil di beberapa event dan sangat laku bahkan meraih omset yang tinggi,”tutupnya.
Produk lain seperti anyaman Purun berasal dari pengrajin Desa Takisung Kecamatan Takisung dan Desa Liang Anggang Kecamatan Bati-Bati, sedangkan kerajinan limbah kayu ulin Berkat Bersama dari Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap, kerajinan tas Sasirangan dari Desa Takisung, serta kerajinan souvenir kayu dan kerang dari Desa Batakan Kecamatan Panyipatan.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook