PUBLIK

Diduga Curang Pilkades Salaman Minta Ulang

INFOTANAHLAUT.COM- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang dilakukan tanggal 15 November 2017 lalu di 52 desa dengan calon kepala desanya sebanyak 188 orang membawa cerita panjang. Calon kepala Desa Salaman di Kecamatan Kintap, dengan nomor urut 1 yakni Said Nuh Maliki, meminta proses Pilkades di batalkan lantaran di duga ada kecurangan pemilih.
Kecurangan pemilih di maksud adanya pemilih yang berasal dari luar Kabupaten Tanah Laut serta minimnya sosialisasi dan tanpa adanya alat peraga berupa gambar ke tiga calon kepala desa setempat.
Saidi Nuh Malilik melalui Kuasa Hukumnya H Umar N SH.MH, Senin (20/11) kemarin mengatakan, meminta pilkades ini di ulang, lantaran merugikan calon serta masyarakat pemilih yang kehilangan suara.
“Selain kehilangan hak suara dan pada alat peraga berupa baliho calon tidak ada di temukan ada pemilih ber KTP, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala,”kata Umar.
Ia menambahkan, pesta demokrasi pemilihan kepala desa ini belum sepenuhnya berjalan baik, sehingga banyak warga kehilangan hak suara, bahkan masyarakat saat mencoblos suaranya tidak sah, seperti di Desa Salaman ada 300 suara tidak sah. Makanya dengan ini kami meminta panitia Pemilihan Kepala Desa khususnya Desa Salaman agar Panitia Pilkades di bubarkan lantaran gagal dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.
Atas kondisi tersebut, surat pembatalan hasil Pilkades Desa Salaman ini oleh Umar sudah melayangkannya ke pihak penyelenggara Pemilihan Kepala Desa, dalam hal ini Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa.
Umar juga memperlihatkan ada sekitar 600 KTP dan di bubuhi tandatangan masyarakat Desa Salaman yang lengkap dengan nomor Hand Pone dan menyatakan keberatan agar Pilkades di ulang, dan berharap pemilihan kepala desa ini harus dilakukan secara terbuka serta transparan tidak terkesan di tutup-tutupi.
Plt Asisten I Tata Pemerintahan Setda Tala, Bambang Kusudarisman di konfirmasi mengaku belum mengetahui persoalan tersebut.
“Kami belum mengetahui adanya surat masuk terkait hasil Pilkades Desa Salaman tersebut, dan ini masih mau rapat dengan Sekda,”kata Bambang Kusudarisman usai rapat terbatas dengan Kepala Dinas PMD Muhammad Hanil di temani Kabag DPMD Darmawisata.
Begitu pula Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Muhammad Hanil belum mengetahui adanya surat. Saat di tanyakan perihal Hasil Pilkades Keseluruha.
“Kami mau rapat dulu dengan sekda,”singkat Hanil sambil berlalu.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook