WISATA

Dikonsep Jadi RTH, Fasilitas Sepeda Air Ditambah

INFOTANAHLAUT.COM- Saat ini sejumlah sarana publik seperti taman Kijang Kencana yang berada di depan Balairung Tuntung Pandang jalan Pancasila, taman kolam Mina Tirta di samping kiri kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan termasuk kolam renang Tirta Kenanga, kesemuanya tengah dilakukan renovasi atau di percantik, agar terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Satu dari sekian sarana publik yang di renovasi tersebut seperti taman kolam Mian Tirta, pengelolaan untuk fasilitas kolamnya berada di bawah kewenanangan Dinas Pariwisata, sementara untuk taman dan bangunan fisik lainnya kewenangan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP).

Kepala Dinas Pariwisata Tala Ahmad Khairin, Kamis (16/11) mengatakan, memang di taman Mina Tirta tersebut ada 2 instansi yang mengelola, akan tetapi yang focus pada kewenangan dinas pariwisata yakni sarana kolamnya.

“setelah rampung di renovasi, maka di kolam berbentuk bundar yang di tengah-tenggahnya pulau Kalimantan tersebut akan di tambah sarana sepeda air dari yang sudah ada sebanyak 5 buah,” jelasnya.

Ia menambahkan, ketika kelak sarana kolam sudah bisa di gunakan sepeda air, maka ada ongkos atau tariff untuk menggunakan sepeda air, dan tarifnya sendiri sebesar Rp 5.000 selama 15 sampai 30 menit, Rp 250 untuk asuransi dan sisianya untuk retribusi ke daerah, dan tarif tersebut sesuai dengan Perdda yang ada yang besarnya juga sama dengan masuk ke kawasan objek wisata lainnya di Kabupaten Tanah Laut. Konsep ke depannya, taman kolam Mina Tirta di jadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH), makanya di lokasi tersebut tidak di buatkan pagar.

Keberadaan taman kolam Mina Tirta di harapkan menjadi satu tujuan alternatif warga kota, atau menjadi sebuah taman bersantai di dalam kota.

Sementara mengutip dari keterangan bupati Tala Bambang Alamsyah beberapa waktu lalu saat pembagian payung kepada ratusan PKL di kantor Setda menyebutkan, dilakukannya sejumlah pembenahan sarana publik dengan harapan terlihat lebih bagus, sehingga orang-orang akan senang mendatanginya, hingga sampai berselfi-selfi.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook