PUBLIK

Dinilai Berbau Kampanye, Panwaslu Copot Baliho Cabup

INFOTANAHLAUT.COM- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanah Laut mencium adanya baliho atas nama bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Tala dari pasangan H.Sukamta dan Abdi Rahman yang di dukung 3 parpol yakni Gerindra, PKS dan PKPI, yang terpasang di beberapa titik di kota Pelaihari sudah berbau kampanye.
Kamis (18/1), Panwaslu Kabupaten yang di back up beberapa orang anggota dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Damkar melakukan pencopotan terhadap gambar baliho tersebut.
Anggota Panwaslu Kabupaten Tanah Laut Faturahman koordinator divisi bidang hukum dan penindakan pelanggaran, bersama anggota Panwaslu lainnya pun melakukan pencopotan baliho di jalan Kemakmuran Pelaihari. Sebuah baliho berukuran 2×1 meter yang terpasang di pinggir jalan itu pun lantas di copot gambarnya saja sementara kayu penyangga atau pada bagian sisi kanan kiri dan atas bawah tidak di bawa.
Faturahman usai mencopot baliho tersebut mengungkapkan, sebenarnya Panwaslu tidak mempermasalahkan dengan keberadaan baliho, hanya saja yang sudah mengarah ke kampanye adalah dengan adanya gambar atau lambang partai pendukungnya.
“silahkan kalau pasangan cabup dan cawabup mau bersosialisasi lewat gambar, namun tanpa harus membuat embel-embel gambar parpol pendukungnya, karena dalam Alat Peraga Kampanye (APK) salah satunya adalah memuat logo atau gambar partai pendukung maupun pengusung,” jelasnya.
Ia menambahkan, mungkin karena ketidak tahuan saja dari para tim sukses cabup dan cawabupnya, dan lagian saat ini memang belum masanya untuk berkampanye, karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun belum secara resmi mengeluarkan pengumuman terhadap cabup dan cawabup yang sudah mendaftar beberapa waktu lalu.
Sementara itu anggota Panwaslu Kabupaten Tanah Laut yang lainnya seperti Gunawan yang juga baru selesai melakukan pencopotan baliho ke kecamatan lainnya menuturkan, Panwaslu tetap berupaya melakukan pencegahan pelanggaran Pilkada. Langkah kedepan, Panwaslu akan menjalin kerjasama dengan Dinas Perhubungan Tanah Laut untuk menertibkan baliho bergerak yang terpasang pada armada taksi antar kota.
“siaganya untuk melakukan baliho bergerak tersebut jelaslah di terminak taksi Pelaihari, dan untuk mobil pribadi juha bisa bersiaga di ruas jalan yang di tentukan, dan mungkin juga merangkul pihak Polisi Lalu Lintas,”katanya.
Dari hasil operasi pencopotan yang dilakukan tambah Gunawan, memang ada sudah sebagian gambar yang di tutup gambar parpolnya. Kepada tim sukses masing-masing cabup dan cawabup di minta untuk bersabar, karena nanti ada saatnya baliho di pasang atau alat peraga lainnya bisa lewat kalender dan sebagainya.
Sementara itu Noor Ifansyah selaku ketua tim pemenangan cabup dan cawabup dari pasangan Sukamta dan Abdi Rahman di konfirmasi mengatakan, tentang pemasangan baliho tersebut dari tim pemenangan yang resmi tidak mengetahuinya, akan tetap itu dari tim relawan.
“Setelah ada surat dari Panwaslu, pada prinsipnya sependapat untuk mengikuti dan mematuhi peraturan yang berlaku. Namun oleh tim pemenangan yang resmi telah menyampaikan kepada tim relawan agar mematuhi aturan yang berlaku. Tujuan di pasangnya baliho itu adalah dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat, dan kami patuh pada peraturan dengan cara menutup gambar apa yang di kehendaki Panwaslu,” jelas Ifansyah.
Di kantor Panwaslu Kabupaten Tanah Laut sendiri sudah terdapat tumpukan baliho yang di copot dari berbagai titik. Panwaslu sendiri bergerak dengan Panwalsu di tingat Kecamatan untuk saling memantau keberadaan baliho cabup dan cawabup.
Dari jadwal yang telah ada, pada tanggal 12 Februari 2018, KPU Tala akan secara resmi mengumumkan pasangan cabup dan cawabup.
Dari pantauan di seputar kota Pelaihari, gambar baliho ukuran besar di dekat kantor Polres Tala sudah dilakukan penutupan gambar parpol pendukung Sukamta dan Abdi Rahman. Ada pula baliho ukuran kecil yang sudah di lobagi atau di hilangkan gambar lambang ke 3 parpolnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook