PUBLIK

Dinsos Tepis Galang Dana Untuk Ilmi

INFOTANAHLAUT.COM- Saat ini Ilmi (43) warga jalan Al Fatah Matah 2 Rt 7 Kelurahan Karang Taruna yang mengidap penyakit tumor ganas di leher kirinya, atau di klaim sebagai kanker dari kelenjar getah bening telah menjadi keprihatinan warga Pelaihari.

Sejak di mulainya aksi penggalangan dana oleh komunitas grup WA RC 113 Tala, Sejumlah komunitas lain pun mulai ramai melakukan aksi penggalangan dana untuk Ilmi, baik ke lembaga-lembaga maupun di pinggir jalan raya kota Pelaihari, namun bagi Dinas Sosial menepis ikut dalam aksi penggalangan dana untuk Ilmi.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tala Ir.Wiyanto, Jum’at (10/11) pekan tadi menegaskan, bahwa Dinsos sedikitpun tidak membuka peluang untuk menggalang dana.

“tidak benar kalau di katakan Dinsos menggalang dana, perlu untuk di ketahui bahwa Ilmi adalah peserta BPJS Mandiri, namun Dinsos sendiri mengupayakan agar BPJS Ilmi menjadi BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), bisa itu nanti di biayai oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut atau Pemerintah Provinsi Kalsel, dan Dinsos juga memfasilitasi pengajuan permohonan untuk bisa masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) di dinas terkait,” jelasnya.

Lebih lanjut Wiyanto mengatakan, relawan Dinsos sendiri yakni Pekerja Sosial Masyarakat (PKM), kalau ada pihak luar relawan dinsos yang melakukan penggalangan dana itu sah-sah saja alias di perbolehkan saja, sepanjang memang jelas peruntukannya dan dana yang di galang langsung sampai kepada yang berhak menerimanya.

“memang ada pihak luar yang menggalang dana dan datang ke Dinsos untuk Ilmi, begitu pula meminta bantuan kepada wakil bupati Tala, dan wabup juga menyumbang, namun itu bukan dari Dinsos, itu pihak luar, makanya di nama penyumbang kepala Dinsos di beri cap Dinsos, itu sebagai pertanda sumbangan dari Dinsos yang menyumbang dan bukan dari Dinsos yang menggalang dana,” ungkapnya.

Sementara itu pihak luar yang di maksud Dinsos dalam menggalang dana yakni DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Tanah Laut.

Ketua JPKP Tala M. Noor di konfirmasi mengatakan, penggalangan dana sampai hari Kamis mendatang kami batasi, dan penggalangan dana sendiri kepada instansi pemerintahan.

“Dana terkumpul JPKP sendiri sebesar Rp 4.100.000, dana tersebut nantinya untuk tambahan pasca pengobatan yang rencananya hari ini Selasa Ilmi di bawa ke rumah sakit di Banjarmasin,” kata M Noor.

Sementara itu istri Ilmi Norsiah menyebutkan, sejumlah sumbangan yang ia terima yakni berasal dari RC 113 Tala (K3SD) Rp 2,250.000, (K3TK) Rp 1,875.000, MTC Tala Rp 2,5 juta, Badan Amil Zakat (BAZ) Tala Rp 1,5 juta, Yayasan Waladun Sholeh (SD Plus) Rp 800 ribu, MAN Tala Rp 1,3 juta, SDIT Assalam Pelaihari Rp 4,7 juta, SDN Angsau 3 Rp 560 ribu, SDN Ujung Batu 2 Rp 470 ribu, Dewan Guru Karang Taruna Rp 2,6 juta, Partai Rp 2 juta, Bidan (perorangan0 Rp 1 juta, Poltek Tala Rp 650 ribu, dan tanpa nama Rp 900 ribu.

Aksi penggalangan dana di perkirakan akan terus dilakukan sejumlah komunitas di Kabupaten Tanah Laut.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook