PUBLIK

Diperkirakan 100 Hektar Terbakar

INOTANAHLAUT.COM- Asap putih begitu membumbung tinggi ke udara lantaran kebakaran lahan rawa gambut di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Ulang pada Rabu (16/8) kemarin dari pukul 12.00 wita hingga sampai ke pukul 23.00 wita, di perkirakan telah menghanguskan 100 hektar lahan rawa gambut.
Tidak adanya akses jalan menuju titik api yang berkobar, sangat menyulitkan anggota pemadan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut untuk memadamkan api.
Di samping itu tiupan angin juga sangat kencang, sehingga merubah-rubah posisi api ke kanan dan kiri mengikuti irama angin.
2 unit mobil pemadam dari BPBD Tala yang mencoba masuk melalui jalan transmigransi Sungai Pinang pada malam itu pun tidak bisa meneruskan ke titik api.
Kepala BPBD Tala M Noor di lokasi Sungai Pinang kepada infotanahlaut.com mengatakan, melihat pada kondisi demikian siapapun petugas pemadam kebarakannya pasti tidak akan sanggup untuk memadamkan api, karena memang tidak ada akses jalan, dan memang lokasi titik api sangat jauh.
“upaya yang paling tepat untuk memadamkan api tidak lain adalah dengan cara pengeboman air menggunakan helicopter,” ungkapnya.
Kobaran api sangat jelas terlihat di malam itu berbentuk melingkar dengan panjang di perkirakan mencapai 500 meter. Api bahkan mengancam areal persawahan warga yang belum panen.
Api yang mengepung lahan rawa gambut itu kian meluas hingga sampai ke Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang, tepatnya berada di belakang SPBU di Desa Gunung Raja. Untuk mencegah api kian meluas ke pemukiman penduduk, di siagakan beberapa mobil pemadan dari Kecamatan Bati-Bati, Manggala Agni, Pemadam swasta Arisa serta dari unit mobil Satlantas Polres Tala yang membawa tandon air berikut peralatan pemadaman api berupa gopyok dan tanki air gendong di dekat SPBU Desa Gunung Raja.
Malam itu juga, bupati Tala Bambang Alamsyah bersama Sekda Tala Syahrian Nurdin langsung melakukan pengecekan ke lokasi titik api di Desa Sungai Pinang, dan mendekat ke SPBU Desa Gunung Raja.
Bupati sendiri nampak khawatir dengan kebakaran lahan di Desa Sungai Pinang yang telah begitu meluas, maka meminta dengan segala kemampuan yang di miliki untuk setidaknya mengurangi kobaran api yang kian meluas.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook