PUBLIK

Diperkirakan, 12 Milliar Putaran Uang Selama Expo Dan Pasar Rakyat

INFOTANAHLAUT.COM- Gelaran Tala Expo 2017 yang menyuguhkan promosi dan program pembangunan dari semua SKPD di Tanah Laut dalam menyambut hari jadi Tala ke 52 tahun 2017, dan juga di barengi dengan pasar rakyat di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari selama 12 hari berlangsung, di perkirakan perputaran uang yang beredar di momuentum tersebut sebesar Rp 12 milliar.

Selasa malam (5/12) kemarin, Tala Expo yang berlangsung selama 5 hari itu dan Pasar Rakyat di tutup secara resmi oleh wakil bupati Tala H.Sukamta.

Kepala Dinas Koperasi,  Perdagangan dan UKM Tala M.Raffiki Effendi selaku leading sektor kegiatan menyebutkan dalam laporannya menyebutkan, perputaran uang selama kegiatan pameran dan juga pasar rakyat di perkirakan sebanyak kurang lebih Rp 12 milyar selama 12 hari pelaksanaan.

“beragam produk dari UMKM telah di sajikan, termasuk para pedagang yang datang dari berbagai daerah telah pula memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat sekahari-hari, hingga sampai pada dunia usaha pun ikut andil dalam expo 2017,” kata Raffiki.

Dalam pelaksanaan Tala Expo 2017 itu juga dilakukan penilaian kepada stand SKPD yang di nilai menarik dan terbaik.

Stand terbaik kategori SKPD di raih oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, kategori UMKM di raih HIPMIKIDO, kategori swasta BUMN/BUMF, dan untuk perbankan di raih stand Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Pada kategori stand favorite di raih  Polres Tala dan Kejaksaan Negeri Pelaihari. Di bagikan pula hadiah 2 paket umroh gratis yang di berikan stand kantor Kementrian Agama Tanah Laut.

Wakil bupati Tanah Laut H.Sukamta menyatakan, bahwa kegiatan seperti ini penting dilakukan dalam rangka mempromosikan potensi potensi daerah yang ada di Kabupaten Tanah Laut.  Banyak sekali potensi yang bisa di kembangkan dalam rangka memajukan kesejahteraan Tanah Laut, seperti yang dapat dil ihat di pameran ini.

“cukup berbangga karena kegiatan berjalan lancar sesuai dengan harapan, serta di lihat dari antusias masyarakat sangat besar, bahkan seperti yang di sebutkan dalam 12 hari pelaksanaan perputaran uang mencapai Rp 12 milyar rupiah,” kata Sukamta.

Pada penutupan Tala Expo turut di hadiri perwakilan Forkopimda, Pimpinan SOPD se Kabupaten Tanah Laut, kepala kantor Kementerian Agama Tanah Laut, Ketua GOW Tanah Lait Hj Nurul Hikmah Sukamta.

Pasca penutupan Tala Expo dan Pasar Rakyat, Rabu (6/12) sejumlah pedagang pun nampak berkemas-kemas barang dagangannya, karena mereka akan kembali ke tempat semula.

Salah satu pedagang bernama Musriah berasal dari Kalteng menuturkan, ia bersama suaminya berdagang ini hampir keliling di setiap daerah di Kalimantan ini, bahkan jadwal hari jadi kabupaten di Kalsel ini kami pegang, karena sudah pasti aka nada yang namanya expo di masing-masing kabupaten.

“dalam setiap expo itulah kami pasti hadir,”katanya.

Apa kesannya selama mengikuti atau berjualan di pasar rakyat dan Tala Expo di Kabupaten Tanah Laut ini ?

Menurutnya pasar rakyat sangat bagus, hampir sama di setiap kabupaten kondisi pengunjungnya, hanya saja untuk yang di Tanah Laut mungkin perlu ada sarana untuk mandi bagi para pedagang yang memang menginap di tenda jualan, sebab kalau urusan mandi kadang pedagang di sini mandi di sebuah sungai kecil yang ada dekat perumahan tersebut, itupun kondisi airnya tidak jernin, namun apa boleh buat asal bisa untuk mandi saja, tahun depan agar supaya Pemkab Tanah Laut menyediakan kamar mandi dan wc umum khusus untuk pedagang, pintanya.Tung

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook