PEMKAB TALA

Dirjen Tanaman Pangan Minta Lahan Tidur Tanami Padi Gogo

INFOTANAHLAUT.CON-Direktorat Jenderal (Dirjen) tanaman pangan pada Kementerian Pertanian (Mentan) Ir. Gatot Iriansyah meminta kepada dinas terkait untuk melakukan penanaman padi Gogo,demikian ia utarakan saat tiba di Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan, Kamis (13/9) pekan tadi. Hal tersebut ia sampaikan saat bersama warga setempat sambil menikmati minuman kopi di salah satu warung minum warga, anggota TNI AD dari Kodim 1009 Pelaihari plus Achmad Mustahdi selaku kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun) Tanah Laut bersama dengan jajarannya.
“Saya minta kepala dinas terkait untuk koordinasi dengan warga, sepanjang jalan ketika memasuki Kabupaten Tanah Laut dari bandara, daerah ini berpotensi besar untuk bisa memproduksi pangan terbesar, ketersediaan lahan cukup besar, dan nanti apa-apa yang di butuhkan seperti bibit ajukan permohonan ke Mentan dan saya yang akan mengawalnya, tanam, tanam dan tanam,”kata Gatot.
Gatot menambahkan, jalinan kerjasama antara Kementerian Pertanian dan Panglima TNI harus di jalankan bahkan kalau perlu bangun Posko Pangannya di desa ini.
Dalam dialog, Gatot begitu tegas menekankan kepada semua yang ada tanpa kecuali untuk berharap padi gogo di Desa Kandangan Lama berhasil.
Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 45 menit, dan di teruskan melakukan peninjauan kelahan yang hendak dilakukan penanaman padi gogo.
Setibanya di lokasi lahan, Gatot hanya sesaat memandang hamparan lahan kering yang sudah di garap dan siap di tanami padi gogo, namun ia mengajak warga dan Distanholbun Tala melihat lokasi lain dengan menggunakan sepeda motor. Lokasi yang di tuju Dirjen Tanaman Pangan yakni melihat kondisi sungai yang tidak jauh dari lahan yang hendak di tanami padi gogo.
Distanholbun Kabupaten Tanah Laut tengah mengembangkan tanaman padi gogo dengan target lahan kering seluas 7.565 hektar di Kaupaten Tanah Laut. Jenis padi gogo yang bakal di tanam yakni bibit Buyung (lokal) dan Situ Bagendit (bantuan) sementara sebaran lahan 7.565 tersebut tersebar di 11 kecamatan.
Mengawali tanam perdana bibit padi gogo, Kamis (14/9) pekan tadi, Ir. Gatot Irianto Dirjen Tanaman Pangan Kementan bersama kepala Distanholbun Achmad Mustahdi, Dandim Kodim 1009 Pelaihari Lerkol Infanteri Bagus Budi Adrianto dan warga Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan melakukan tanam perdana padi gogo di lahan seluas 4,5 hektar yang berdekatan dengan hamparan pohon kelapa sawit di sekitarnya. Keberadaan lahan tersebut sudah di persiapkan sambil menunggu tibanya musim hujan.
Kabid tanaman pangan Distanholbun Tala Ir. Basri juga mengatakan, sebelum melakukan penanaman bibit padi lokasi lahan harus sudah di garap sambil menunggu tibanya musim hujan.
Polanya, terang Basri untuk padi gogo di tanami pada sawah-sawah habis panen di lahan yang masih basah untuk mengejar musim tanam bulan September. Pada target nasional untuk bulan september 1,6 juta hektar, Kalsel 8.000 hektar dan Tala 7.565 hektar.
“Kendala di masyarakat benih masih dalam proses di Kementerian. Benih sebagian bantuan dari provinsi Kalsel untuk luas lahan 5.110 hektar berupa padi gogo varitas buyung lokal, dan berdasarkan pengalaman petani pada bulan Oktober dan November yang pas melakukan tanam karena di prediksi musim hujan. Ada 100 kg per hektar pupuk urea bantuan dari APBN dan provinsi,”tutup Basri.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook