POLRES TALA

Dirlantas Amati Jalur Mudik Dan Jalur Wisata

INFOTANAHLAUT.COM-Guna memastikan kesiapan pada jalur trans Kalimantan di bagian selatan yakni jalur di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu sampai ke Kabupaten Kotabaru, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto,SH,S.IK, beserta jajaran dari Dinas Perhubungan (Dishub) provinsi Kalsel dan Dishub Tala, Dinas Pekerejaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kalsel serta Sat Pol PP dan Damkar Tala, Kamis (9/5/2019) melakukan pengamatan langsung jalur-jalur yang kerap bakal melonjaknya arus lalu lintas, yakni di jalur menuju kawasan objek wisata pantai Takisung di Kecamatan Takisung.
Pemantauan jalur dilakukan Dirlantas Polda Kalsel ini di awali ke Pos Lantas Polres Tala yang berada di persimpangan Desa Bentok di Kecamatan Bati-Bati. Di pos Satlantas, Dirlantas Polda Kalsel menerima penjelasan dari Kasat Lantas Polres Tala Akp Lalu Ryan Aditya. Penjelasan tentang kondisi arus lalu lintas, baik pada saatnya nanti mudik lebaran atau menuju objek wisata.
Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat, usai perayaan lebaran Idul Fitri selalu tidak lepas dengan yang namanya mengunjungi objek wisata, dan di Kabupaten Tanah Laut objek wisata andalan adalah pantai Takisung (22 km) dari kota Pelaihari dan pantai Batakan (40 km).
Kunjungan Dirlantas Polda Kalsel tidak sampai hanya di Posko Satlantas Desa Bentok, Dirlantas bersama rombongannya melakukan pengamatan jalur sampai ke pantai Takisung.
Dalam keterangan persnya, Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto,SH.S.IK mengatakan, peninjauan bersama stake holder terkait melihat kesiapan fasilitas publik sepeti bandara dan terminal dalam rangka menghadapi lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.
“Tala termasuk daerah rawan kemacetan pada saat H + 2 dan H + 3, karena di Tala sendiri merupakan daerah perlintasan dari kabupaten tetangga maupun menuju objek wisata,”kata Kombes Pol Muji.
Sementara saat di singgung masih adanya jalan-jalan yang masih berlobang, Kombes Pol Muji mengatakan, status jalan ada tiga yakni jalan negara, provinsi dan kabupaten, sudah barang tentu dari DPUPRP provinsi Kalsel sudah mempersiapkan langkah perbaikan yang sifatnya perbaikan ringan kepada jalan-jalan yang rusak atau berlobang, begitu pula terhadap stake holder lainnya telah siap guna memberikan rasa aman dan nyamanya masyarakat yang akan mudik atau menuju objek wisata.
“Masalah menekan angka kecelakaan lalu lintas tentunya di upayakan semaksimal mungkin, diantaranya meminta kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran jika jarak tempuhnya jauh, maka di minta untuk tidak menggunakan sepeda motor. Sepeda motor di desain bukan untuk jarak jauh, dan resikonya juga besar. Maka gunakan angkutan umum atau yang di sediakan oleh pemerintah daerah,”katanya pula.
Peran dari komunitas-komunitas juga sangat berperan penting dalam hal melancarkan tugas-tugas di Satlantas. Dirlantas Polda Kalsel pun mewacanakan melibatkan komunitas-komunitas di maksud dalam turut meringankan tugas Satlantas.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook