PEMKAB TALA

Disiapkan Smart Phone Baru Buat Petugas KB

INFOTANAHLAUT.COM- Dengan keterbatasan personil Penyuluh KB yang kini ada di Kabupaten Tanah Laut hanya sebanyak 42 orang, maka dengan keterbatasan tersebut oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KB dan P3A), dengan keterbatasan tersebut tetap berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayana kepada masyarakat.
Untuk menopang kinerja para penyuluh KB lapangan ini, kepada mereka, maka tahun 2018 ini akan di berikan smart phone kegunaannya sangatlah jelas untuk update data di saat mereka memberikan laporan kegiatan mereka. Sebelumnya penyuluh KB lapangan ini sudah mendapatkan kendaraan operasional roda dua.
Kepala P2KB dan P3A Tala Lutfiaty Uyun, Senin (7/5) mengakui kalau kekurangan penyuluh KB. Mereka sekarang lantaran terbatas menghandel 5 desa 1 petugas.
“idealnya 1 petugas menangani 3 desa, dan ketika kelak menggunakan smart phone turut di sertakan apliasi Global Position System (GPS), sehingga keberadaan mereka dapat terpantau,”terang Uyun sapaan khas kepala P2kB dan P3A ini.
Ia menambahkan, jika penggunaan smart phone petugasnya pensiun, maka di serahkan kepada penggantinya, atau sementara waktu di simpan di kantor dulu.
Tugas para penyuluh KB lapangan ini sendiri yakni sebagai konseling, posyandu, advokasi.
Di P2KB dan P3A Kabupaten Tanah Laut telah pula mendapatkan Bantuan Operasional KB (BOKB) sebesar Rp 150 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) BKKBN Pusat.
Mengenai BOKB tersebut jelas Uyun hanya pada Kecamatan Kintap saja yang terserap, dan di Kintap sendiri telah terbentuk Balai Penyuluhan KB, selebihnya di kecamatan lain belum terserap sepenuhnya, dan untuk DAK P2KB dan P3A Tala sendiri masih ikut di DAK Dinas Kesehatan Tala.
“dalam waktu dekat juga akan di lakukan mutasi di internal penyuluh KB lapangan, dengan harapan ada penyegaran di antara mereka,” tutup Uyun.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook