PEMKAB TALA

Disnak Berobsesi Punya Pasar Hewan Tipe A

INFOTANAHLAUT.COM -Setelah Pemkab Tanah Laut mendapatkan hibah lahan dari dua perusahaan seluas 5 hektar di Desa Bekatung Kecamatan Pelaihari, yakni dari PT.Arutmin Indonesia dan PT. Mitratama Perkasa, maka selanjutnya bagi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut telah merancang kedepan terhadap lahan tersebut.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Ir.Suharyo, Jum’at (29/06/2018) pekan tadi mengatakan, terhadap aset yang di hibahkan perusahaan tersebut selanjutnya tengah di susun planning kedepan untuk pembangunan pasar hewan bertipe A, akan tetapi menyangkut segala persyaratannya pun masiih harus di lengkapi secara bertahap.
“untu pasar hewan bertipe A tersebut akan dapat menampung sapi di atas 1.000 ekor sapi, dan memang ada sebanyak 11 persyaratan yang harus di penuhi,” jelasnya.
Sementara itu Pajeri Hariannnor usai secara resmi menyerahkan aset lahan yang di terima langsung oleh bupati Tala Bambang Alamsyah belum lama tadi mengatakan, awalnya ada kolaborasi antara antara PT. Arutmin Indonesia dengan PT. Mitratama Perkasa, serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut, dimana pada dengar pendapat PT. Arutmin mendapat masukan terhadap kondisi pasar hewan di Pelaihari yang ada sekarang sudah tidak layak lagi.
“usulan dari Dinas Peternakan sendiri cukup baik dalam rangka mencari lokasi baru yang representative, dan Arutmin ada memiliki lahan di Desa Bekatung tersebut, dan dapat di setujui dinas peternakan, maka di hibahkanlanh lahan tersebut,”jelas Pajeri.
Kabupaten Tanah Laut sendiri merupakan 40 persen pemasok kebutuhan daging di Kalimantan Selatan dan Tengah. Dengan adanya pasar hewan bertipe A maka kebutuhan pasokan daging akan semakin lancar karena memang dari segi geografis Kabupaten Tanah Laut sangat cocok untuk pengembangan ternak sapi.
Bukti lain yang menguatkan cocoknya pengembangan sapi yakni adanya pengelolaan atau penggemukan sapi Brahman croos dari Australia di Sungai Aris Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang yang bekerjasama antara badan usaha milik desa dengan Pemerintah Australia.Tung

4
80%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
20%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook