PEMKAB TALA

Diwacanakan, RI 1 Buka Gebyar SIWAB

INFOTANAHLAUT.COM- Tahun ini di wacanakan kegiatan Gebyar Siwab se Indonesia yang pusatnya di Kalsel yakni di Kabupaten Tanah Laut akan di hadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Untuk penetapan lokasinya sendiri telah di tentukan di 3 tempat yakni di Desa Sumber Mulya, Pelaihari, serta Desa Telaga Kecamatan Takisung.
Program (Sapi Induk Wajib Bunting) Siwab sendiri yakni program yang mengembangkan ternak sapi dengan cara kawin buatan atau Inseminasi Buatan (IB).
Lukman Effendi selaku kepala bidang (Kabid) perbibitan, produksi dan pakan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala, Kamis (22/2) mengatakan, untuk wacana datangnya RI 1 itu memang sudah ada pembicaraan dengan Kementerian Pertanian Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi Kalsel, namun belum ada di pastikan bulan dan tanggal berapa RI 1 ke Tanah Laut.
“namun yang cukup berat saat gebyar Siwab tersebut paling tidak harus mengumpulkan sapi sebanyak 3.000 sampai 5.000 ekor, pasalnya di Kabupaten Tanah Laut pola pemeliharaan sapi dengan cara ekstensif atau gembala secara liar tanpa pengawasan, sehingga sapi di lepas begitu saja, dan pola macam ini terjadi pengurangan populasi sapi. Sementara jenis sapinya ada yang PO dan sapi Bali berkisar 1.000 sampai 1.500 ekor yang penyebarannya di Kecamatan Panyipatan, Jorong serta Batu Ampar,”katanya.
Ia menjelaskan, target tahun 2017 lalu sebanyak 17.000 ekor dan di tahun 2018 ini target Kalsel sebanyak 27.000 dimana Kabupaten Tanah Laut kebagian sebanyak 15.000 ekor, selebihnya di bagikan kepada 9 kabupaten lainnya.
Sementara menyangkut pola ekstensif tersebut kurang bagus, dengan pola seperti itu akan terjadi perkawinan sedarah (inbreeding), yang pada akhirnya kualitas sapi menurun, efeknya membuat sapi semakin mengecil, ciri khusus hilang, gangguan reproduksi dan berat badan turun.
Namun ada 2 cara untuk menghilangkan inbreeding yakni melakukan Insiminasi Buatan (IB) dan melakukan rotasi pejantan.
“untuk tenaga IB sendiri saat ini ada 33 orang terdiri dari PNS, PTT dan swadaya,” tutup Lukman.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook