PEMKAB TALA

DPRD Gunung Mas Kunker Ke Tala

INFOTANAHLAUT.COM-Sebagai kabupaten yang baru berusia 16 tahun,Kabupaten Gunung Mas provinsi Kalimantan Tengah mencoba mengkaji beberapa potensi ke Kabupaten Tanah Laut. Rabu (8/08/2018) anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas dari komisi 1 dan beberapa SOPD terkait lainnya melakukan kunjungan kerja ke Tala.
Rombongan di terima asisten 2 bidang ekonomi,pembangunan dan kesejahteraan rakyat (Ekobangkesra) Ir. Nor Hidayat dan sejumlah kepala SOPD Tala lainnya di aula Barakat lantai 2 Setda Tala.
Beragam diskusi yang di kupas dalam pertemuan tersebut,mulai dari bidang pertanian,perkebunan,pariwisata hingga sampai menyangkut program Coorporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan yang ada di daerah.
Ketua komisi 1 DPRD Gunung Mas Helfit Tiong mengatakan,saat ini DPRD Kabupaten Gunung Mas terbagi 3 kelompok studi banding,kelompok 1 ke Bali, kelompok 2 ke Surabaya dan kelompok 3 ke Banjarmasin utamanya ke Kabupaten Tanah Laut. Beberapa SOPD lain yang di ajak DPRD Kabupaten Gunung Mas seperti tenaga ahli di Dewan,Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi,Dinas Koperasi dan Usaha Kecil,Kasi Industri Kreatif dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
Di jelaskan,keberadaan Kabupaten Gunung Mas dengan luas wilayah kurang lebih 10.000 km persegi dan berada di sebelah utara dari provinsi Kalteng. Selama 16 tahun usia Kabupaten Gunung Mas sudah 3 periode pergantian bupati,dan di tahun 2018 ini sudah pula melaksanakan Pilkada akan tetapi pada bulan Juni 2019 baru pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Di Kabupaten Gunung Mas ada sebanyak 12 kecamatan dan 127 desa, dengan jumlah penduduk sebanyak 140.000 jiwa.
“Diakui bicara soal tempat wisata banyak,akan tetapi belum tergarap optimal,termasuk pula sektor pertanian, perkebunan yang harus di dorong kembali agar dapat berkembang,”kata Helfit.
Proses dialog pun terjadi dalam pertemuan tersebut. Komisi 1 DPRD Kabupaten Gunung Mas mempertanyakan tentang program CSR dari perusahaan apakah sudah memberikan kontribusi kepada daerah pada bidang lain seperti pendidikan,kesehatan atau lainnya. Atas pertanyaan tersebut di jelaskan asisten 2 Nor Hidayat bahwa menyangkut CSR sudah di bentuk sebuah forum,dimana ketua maupun pengurusnya dari kalangan perusahaan itu sendiri dan hal itu sudah berjalan selama 2 tahun.
“program CSR yakni bedah rumah, disamping kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Basznas) Tanah Laut,” kata Hidayat.
Keinginan DPRD Kabupaten Gunung Mas berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hasil alam.
Masih dalam suasana diskusi,DPRD Kabupaten Gunung Mas juga tertarik dengan sektor peternakan,apalagi kabarnya di Tanah Laut merupakan pemasok sapi 40 persen untuk wilayah Kalimantan.
Hal tersebut di jelaskan kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Ir. Suharyo bahwa memang saat ini kebutuhan daging sapi se Kalimantan 40 persennya dari Tala,namun kini mengingat kondisi pasar hewan yang ada sudah tidak memungkinkan untuk di kembangkan lantaran keterbatasan lahan,maka pasar hewan akan di relokasi dan lahannya sendiri merupakan lahan hibah dari 2 perusahaan tambang batubara seluas 5 hektar.
“Dalam pengembangan pasar hewan modern, harus bisa di masuki truk kontainer, karena memang sirkulasi ternak sapi sudah dalam jumlah yang besar,”jelas Suharyo.
Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas lainnya juga menanyakan tentang Perusahaan Daerah (Perusda),karena keberadaan perusda di yakini akan dapat mendongkrak PAD.
Namun soal perusda di jelaskan Nor Hidayat bahwa saat ini yang namanya perusda di mana saja tengah mengalami situasi yang pailit. Di Tala dulu memang ada perusda yang menangani pertambangan batu besi,kemudian di pecah menjadi dua agar lebih spesifik menangani pertambangan batu besi,dan satunya menangani aneka usaha lainnya. Namun dalam perjalanannya menghadapi kendala hingga harus pailit.
Mengakhiri kunjungan kerja komisi 1 DPRD Kabupaten Gunung Mas ke Kabupaten Tanah Laut dilakukan tukar menukar cinderamata oleh asisten 2 dan ketua rombongan berupa plakat berbahan fiber yang menggambarkan masing-masing lambang kedua kabupaten.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook