WISATA

Dua Daerah Tukar Pikiran Tentang Kepariwisataan (Bagian-1)

INFOTANAHLAUT.COM- Barangkali kondisi alam antara Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan Kabupaten Tanah Laut tidak jauh beda. Mungkin yang sedikit membedakannya, jika di Kabupaten Loteng yang berada di sebuah pulau yang tidak terlalu luas dan yang menjadi andalan kabupaten ini adalah wisata lautnya, di tambah dengan kondisi wisata air yang menjadi langganan wisatawan mancanegara yang kerap menjemurkan diri mereka di pinggir pantai plus kondisi air pantai yang begitu jernih. Sementara di Kabupaten Tanah Laut yang berdiri di bagian selatan dari provinsi Kalimantan Selatan dan juga berada pada kondisi perairan, namun di sejumlah lokasi wisata pantai tidak pernah ada terlihat wisatawan mancanegara untuk berjemur di tepian pantai, dan kondisi air pantai juga yang keruh oleh lumpur.
Pekan tadi, Pemkab Tanah Laut di bawah komando Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin bersama segenap kepala SOPD melakukan lawatan kerja ke Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Sang bupati Loteng H.Suhairi Fadil Tohir,SH tengah cuti karena ikut sebagai bursa calon gubernur NTB, dan sementara menggantikan tugas bupati atau Plt di gantikan wakil bupatinya Fathul Bahri,Sip. Namun kedatangan rombongan kepala SOPD Tanah Laut di terima oleh Sekda Loteng H.M.Nursiah, Kamis (8/3) pekan tadi di aula Tastura 1 kantor Setda Loteng.
Usai pertemuan dengan jajaran Pemkab Tanah Laut, Sekda Kabupaten Loteng H.M.Nursiah dalam keterangan persnya mengatakan, kunjungan dari Pemkab Tanah Laut tentu untuk memotivasi dalam hal mengelola potensi-potensi yang memiliki kesamaan antara Kabupaten Loteng dengan Kabupaten Tala, semua kekurangan dan kelebihan kedua daerah ini tentu menjadi catatan, selain dalam kontek membangun silaturahim kedua daerah serta peluang kerjasama khususnya di bidang pariwisata.
“sangat berarti sekali kunjungan tersebut, dan jajara Pemkab Loteng pun mungkin juga melakukan hal yang sama melakukan kunjungan balasan,” jelasnya.
Ia menambahkan, warga di Kabupaten Loteng juga besyukur karena sepekan sebelumnya telah ada kunjungan dari Pemprov Kalsel yang menginformasikan adanya penerbangan langsung Banjarmasin-Lombok, itu artinya transportasi kedua daerah tidak terjadi kendala dan imbasnya tentu akan kembali terjadi peningkatan sektor wisata di kedua daerah, maka hal itulah sebagai pemicu untuk saling membuka diri dalam rangka kemajuan kedua daerah,” paparnya.
Intinya tambah Nursiah, promosi gencar dilakukan hingga sampai ke pusat, kemudian kiat-kiat mewujudkan keamanan, membina masyarakat, membina produk unggulan daerah, termasuk bagaimaana kebijakan yang bersifat insentif bagi investor, maka Alhamdulillah sektor wisata di Kabupaten Loteng dapat berkembang cepat.
Seiring perkembangan jaman, sektor pariwisata diakui menjadi sumber PAD yang besar bagi sebuah daerah jika di kelola dengan baik, di jamin melalui sektor ini bahkan menambah devisa bagi negara lantaran mata uang dolar dan lainnya pasti akan mengalir masuk.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook