PUBLIK

Dua Kecamatan Diserang Puting Beliung

INFOTANAHLAUT.COM- Angin puting beliung menyerang di dua kecamatan yakni Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Makmur pada Selasa (5/12) dini hari sekitar pukul 04.00 wita. Akibatnya sejumlah rumah warga pun mengalami kerusakan, termasuk fasilitas publik lainnya seperti bangunan SD, Posyandu dan rumah dinas guru. Tidak saja hanya pada bangunan, sejumlah pohon-pohon pun ikut tumbang.

Seperti di Rt 6 Desa Tambak Karya Kecamatan Kurau, 2 buah rumah yakni rumah Abdurahman Sidik mengalami rusak berat. Pada bagian atap kamar dan dapur terlihat terbuka, termasuk pula dinding dapur bagian rumahnya ambruk. Pada bagian teras rumah pun menjadi sasaran angin puting beliung hingga rusak berat dan nyaris roboh. Rumah lainnya tetangga Abdurahman Sidik yakni rumah Abdul Manaf, namun hanya mengalami rusak ringan pada bagian atap bagian depan.

Beberapa rumah lain yang mengalami kerusakan yakni pada rumah di Desa Padang Luas yakni rumah ada 4 rumah di Rt 5 Rw 2.

Sementara kerusakan akibat puting beliung di Kecamatan Bumi Makmur di kabarkan sebuah sekolah bangunan SD setempat mengalami kerusakan pada bagian atapnya, juga bangunan yang di gunakan untuk Posyandu serta rumah dinas guru.

Markasiah istri dari Abdurahman Sidik menuturkan, saat ada suara angin gemuruh tersebut, saya bangun dan melihat-lihat kondisi di luar kamar karena memang mau solat malam, tiba-tiba terdengar suara ambruk yang tiada lain adalah dinding dapur di luar,” katanya.

Ia menambahkan, atap kamar pun ikut terbang dan begitu kencang sekali tiupan angin, dan anak-anak saya bangunkan karena kondisi serba basah semua lantaran datangnya angin juga di sertai dengan hujan.

Kejadian ini baginya merupakan peristiwa yang baru pertama kali di alami.

Camat Kurau Drs.Gusti Sofuan Hadi mengatakan, 4 buah rumah di Desa Padang Luas yakni rumah Siti Masturiah, Ismail, Saifulah, dan Misrawati hanya mengalami rusak ringan.

“pasca kejadian sudah di koordinasikan dengan pihak Dinas Sosial Kabupaten untuk bisa kiranya memberikan bantuan. Bantuan di harapakan dan yang mungkin begitu mendesak dan bersifat sementara berupa tenda, dan di tahun 2017 baru pertama kali terjadinya serangan angin puting beliung yang di nilai paling dahsyat, karena di tahun-tahun sebelumnya pernah terjadi tapi tidak separah dengan kondisi sekarang,” terang Camat.

Terhadap rumah Abdurahman Sidik yang mengalami rusak berat, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut telah mendirikan tenda ukuran sedang di depan rumahnya sebagai tempat berteduh sementara.Tung

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook