KESEHATAN

Dua Puskesmas Disidak Bupati

INFOTANAHLAUT.COM- Inpeksi mendadak (Sidak) dilakukan langsung oleh bupati Tala H.Sukamta,M.AP kepada dua buah Puskesmas yakni Puskesmas Desa Kait-Kait di Kecamatan Bati-Bati dan Puskesmas Desa Sungai Riam di Kecamatan Pelaihari, Rabu (26/09/2018) kemarin.
kedua Pusekesmas yang di sidak bupati Tala tersebut lantaran sedang dilaksanakannya penilaian akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Penilaian sendiri dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 29 September 2018 oleh Komisi Akriditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau di sebut tim surveior. Akriditasi sendiri mengandung arti adalah proses penilaian eksternal oleh komisi akriditasi terhadap Pukesmas apakah sesuai dengan standar akreditasi yang di tetapkan.
Selain 2 Puskesmas tersebut, keberadaan Puskesmas di Kabupaten Tanah Laut yang di nilai tim survieor adalah Puskesmas Panyipatan.
Bupati Tala H.Sukamta,M.AP mengatakan terhadap fasilitas kesehatan di Kabupaten Tanah Laut di harapkan sudah sesuai dengan standar mutu yang telah di tetapkan karena Pemkab Tala menjadikan kesehatan adalah fokus utama.
“Menyangkut tenaga kesehatan yang melayani masyarakat, berikan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya,”kata bupati.
Dalam penilaian tersebut dilakukan bertahap, dimana untuk tahun 2018 ini ada beberapa Puskesmas yang di nilai tim surveior yakni Puskesmas Panyipatan, Puskesmas Batakan, Puskesmas Kait-Kait, Puskesmas Sungai Riam, Puskesmas Tambang Ulang dan Puskesmas Tanjung Hambulu di Kecamatan Bajuin.
Sementara untuk tahapan penilaian selanjutnya di tahun 2019 adalah Puskesmas Kurau, Puskesmas Bumi Makmur dan Puskesmas Padang Luas. Dalam penilaian tim surveior melihat administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dimana di situ di lihat dalam memberikan pelayanan kesehatan petugas Puskesmas saat masyarakat berkunjung ke Puskesmas atau dalam melakukan upaya pencegahan penyakit yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Penilaian lainnya yakni Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) atau pelayanan pengobatan dan rehabilitasi.
Ada 776 Elemen Penilaian (EP) yang terdiri dari bab I tentang Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP), kemudian bab II mengenai Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP). Bab III mengenai Peningkatan Mutu dan Manajemen Resiko (PMMR), bab IV menyangkut Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS). Bab V mengenai Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM), bab VI mengenai Sasaran Kinerja UKM (SKUKM), bab VII mengenai Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP), bab VIII mengenai Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK) dan bab IX mengenai Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP).
Hasilnya nanti pun ada 4 kategori yakni Dasar, (memuat ada yang belum tercukupi dari 3 kelompok), kemudian kategori Madya, Utama, dan Paripurna (lebih dari 80 persen penilaian).
Dinas Kesehatan Tala yang berwenang penuh terhadap Puskesmas di seluruh kecamatan sendiri tahun ini punya target untuk bisa mencapai kategori Paripurna, yakni Puskesmas Tambang Ulang, dan sisanya Puskesmas lain untuk menuju kategori utama.Tung

4
80%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
20%
angry

Komentar Facebook