PEMERINTAHAN

Duduk Bersama Bahas Persiapan Pemilukada

INFOTANAHLAUT.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel dan komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut beserta jajaran Pemkab Tala hingga sampai para camat, Kejaksaan Negeri Pelaihari, Kodim 1009 Pelaihari dan stake holder terkait lainnya, Rabu (9/8) di aula Barakat lantai 2 kantor Setda Tala duduk bersama guna membahas persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kabupaten Tanah Laut, yang akan berlangsung pada bulan Juni 2018 medatang. Rapat koordinasi tersebut di pimpin oleh wakil bupati Tala H Sukamta.
Dalam rapat di bahas mengenai langkah-langkah persiapan yang dilakukan, hingga sampai pembahasan yang menyangkut anggaran Pemilukada.
Ketua KPU Provinsi Kalsel Dr.Samahudin Muharam, usai rapat koordinasi kepada infotanahlaut.com di kantor KPU Tala mengatakan, rakor sifatnya mempersiapkan dari semua proses-proses atau tahapan, dimana setelah adanya penandatangan kesepakatan antara KPU dan Pemkab Tanah Laut, maka hal itu sudah harus di mantapkan kembali oleh KPU Tanah Laut terutama yang menyangkut persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menjadi hak insitusi hak warga negara, dan juga menjadi acuan nantinya oleh calon perseorangan dalam rangka mendapatkan dukungan-dukungan dari masyarakat terkait dengan 10 persen dari jumlah DP 4.
Ia menejelaskan, dalam artian bahwa dari awal harus sudah di persiapkan, dan setelah siap ada pula yang namanya lounching dalam rangka peningkatan partisipasi semua lapisan masyarakat yang harus mengetahui bahwa tanggal 27 Juli 2018 itu akan ada pemilihan kepala daerah, yang gaungnya dari awal sudah di bunyikan agar animo masyarakat untuk memilih juga banyak.
Sementara itu ketua KPU Tanah Laut Kamaru Zaman mengatakan, apresiasi kepada Pemkab begitu besar yang telah menganggarkan pelaksaan Pemilukada dan menyetujui.
“KPU Tala adalah yang pertama di Kalsel anggaran pelaksanaan Pemilukada setujui Pemkab, dan dari 117 Pemilukada se Indonesia, KPU Tala berada di urutan ke 14 yang telah mengajukan registrasi ke Kementerian Keuangan. Anggaran yang di butuhkan dalam 2 tahun kegiatan di KPU ke Pemkab Tala sebesar Rp 25,7 milliar dalam bentuk hibah, dan di anggaran tersebut di luar untuk ongkos keamanan karena porsinya ada di Kepolisian. Anggaran di cairkan dalam dua tahap, tahap pertama untuk kegiatan tahun 2017 sebesar Rp 4,1 milliar dan sisanya di tahun 2018 yang langsung di transfer ke rekening bendahara KPU Tala,” kata Kamaru Zaman.
Ia menambahkan, dalam waktu dekat dilakukan Lounching Pemilukada yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 September 2017 mendatang.
Pada pelaksanaan Pemilukada mendatang khusus menyangkut Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Laut tercatat sebanyak 247.807 pemilih hingga sampai tanggal 27 Juni 2018 mendatang, dari jumlah penduduk sebanyak 344.720. Angka pemilih terjadi peningkatan dari pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kalsel beberapa waktu lalu sebanyak 233.612 pemilih.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook