RELIGI

Dukung Penuh Seberapa Pun Dana Untuk Kegiatan Keagamaan

INFOTANAHLAUT.COM-Bupati Tala H.Sukamta mengatakan, untuk kegiatan kegamaan baik itu bagi Madrasah Diniyah Tamiliyah betul-betul menjadi salah satu bagian pendidikan karakter di Kabupaten Tanah Laut. Disamping pesantren dan pendidikan umum, sehingga di dukung semakmimal mungkin seberapa pun dana yang di perlukan seperti kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Antar Diniyah (Porsadin), demkian di katakan bupati Tala usai membuka secara resmi Porsadin yang ke 3 tahun 2019, Sabtu sore (27/42019) di halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari dengan melakukan pemukulan gong.
Lebih lanjut bupati Tala mengatakan, dukungan penuh ke FKDT Tala lewat ajang Porsadin adalah untuk menghasilkan kader-kader masa depan yang cerdas, kuat serta akhlatul karimah.
Porsadin ke 3, dari tahun-tahun sebelumnya diakui untuk kegiatan Porsadin ke 3 Pemkab Tala memberikan dukungan dana yang besar dari kabupaten/kota lainya di Kalsel,ungkap Ahmad Bahruni selaku ketua Forum Komunikasi Diniyah Tamiliyah (FKDT) Kalsel.
“Bahkan Pemrop Kalsel sendiri masih belum sebesar Kabupaten Tanah Laut dalam suport Porsadin,”katanya.
Sementara itu ketua panitia pelaksana Porsadin ke 3 ustaz M.Noor mengatakan, Porsadin ke 3 di ikuti sebanyak 350 orang santriawan dan santriawati dan dengan dewan juri sebanyak 36 orang.
Pada Porsadin ke 3 lanjutnya, ada 12 kegiatan seni dan olahraga atau lomba yakni pidato bahasa Arab, bahasa Indonesia, Kaligrafi, Cerdas Cermat Diniyah, Tahfiz Al qur’an, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Tilawatil Qutub. Sementara untuk olahraganya ada 3 cabang yakni lari, bulu tangkis, dan tenis meja dimana kesemuanya di ikuti santri dan santriawan. Porsadin ke 3 akan berakhir pada Minggu (28/4/2109) sore. Untuk kegiatan olahraga di gelar di stadion Pertasi Kencana Pelaihari, sementara untuk lomba seni di gelar pada panggung utama pembukaan.
“Tujuan mempererat silatirahmi antara para dewan guru se Kabupaten Tanah Laut dan ingin membangun potensi santri dan santriawan baik potensi seni maupun olahraga, dan yang juara umum di ikutkan pada Porsadin tingkat provinsi dan tingkat nasional pada bulan Agustus di provinsi Bangkal Belitung,”ucapnya.
Nafisa Nazwa Asirot salah seorang peserta dari ponpes Sirajul Ulum di Kecamatan Jorong menuturkan, dirinya dan beberapa temannya sudah siap mengikuti Porsadin ke 3.
Diketahui, Nafisa adalah salah satu yang pernah sampai ke tingkat Porsadin ketika di gelar di kota Surabaya yang mengikuti lomba pidato bahasa Arab walau hanya berada pada juara harapan dua.
Pembukaan Porsadin ke 3 turut di hadiri beberapa kepala SKPD, kepala Kemenag Tala Rusdi Hilmi, ketua DPC Muhammadiyah Tala Akhmad Khairin dan perwakilan dari Polres Tala.
Menyemarakan pembukaan Porsadin ke 3 di tampilkan bela diri tim Kuntao Rajawali dari santri dan santriawan Madrasah Diniyah Tamiliyah (MDT) Nurul Huda di Kecamatan Bati-Bati, baik berpasangan maupun solo.
Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) pun memanfaatkan momen pembukaan Porsadin ke 3 dengan menjajakan dagangannya di sekitar tenda kegiatan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook