PUBLIK

E Voting Dirasa Lebih Mudahkan Warga

INFOTANAHLAUT.COM-Jika pada pelaksanaa Pemilu lalu masyarakat masih harus mencoblos para calon-calonnya dalam bilik suara,kali ini dan baru kali pertama di Kabupaten Tanah Laut pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di gelar Rabu (11/12),hanya pada Desa Tampang di Kecamatan Pelaihari,prosesi pemilihan kepala desa menggunakan surat suara digital (E Voting).
Sementara pada 51 desa lainnya yang tersebar di 11 kecamatan masih menggunakan pemilihan manual atau masih memakai surat suara.
Pelaksanaan Pilkades E Voting di Desa Tampang di langsungkan di Gedung Olah Raga (GOR) desa setempat.
Tercatat ada 778 pemilih yang menggunakana cara E Voting,sementara calon kadesnya ada 3 orang yakni Imam Hariri,M.Ali,M dan Suyanto.
Pagi sekitar pukul 08.00 wita, pelaksanaan Pilkades secara serentak di mulai di 53 desa.
Seperti pada pelaksanaan Pilkades di Desa Tampang yang menggunakan E Voting, warga sudah mulai berdatangan ke GOR untuk menggunakan hak pilihnya.
Seperti pada Pemilu,warga harus antri untuk di panggil namanya guna menuju bilik suara.
Durasi waktu yang di gunakan tidak terlalu lama.
Danawan Kasi Bina Administrasi Desa pada Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tala di sela-sela Pilkades berlangsung mengungkapkan,pemilihan lewat E Voting jauh lebih cepat,durasi warga untuk memilih juga tidak kurang dari 1 menit. Mereka cukup menekan tombol ya atau tidak setelah gambar salah satu calon di sentuh (Touch Screen) pada layar.
Hasil pilihan pun akan keluar print outnya, dan hasil print out selanjutnya di masukan kedalam kotak suara,di samping pula memberikan cap tinta pada jari tangan.
“Keuntungan lewat E Voting hasilnya bisa cepat di ketahui,durasi waktu memilih juga tidak terlalu lama,hanya saja jika listrik padam maka prosesnya pun terhambat,namun untuk antisipasi listrik padam mendadak telah di siapkan UPS,”jelasnya.
Di utarakan Masrapah warga Desa Tampang usai memberikan pilihannya mengatakan, dengan cara digital atau e voting ini jauh lebih mudah dan cepat namun akurat.
“Tidak perlu lagi harus membuka surat suara,melihat di posisi nomor mana calon yang mau di pilih,dan pada akhirnya kembali melipatnya,itu semua kalau masih menggunakan pemilihan manual,”kata Masrapah.
Pelaksanaan Pilkades serentak juga turut dilakukan pengamatan bupati Tala H.Sukamta beserta jajaran forkopimda dan SKPD dalam kegiatan patrloli sinergitas dengan menggunakan motor trail.
Kegiatan pemantauan Pilkades juga dilakukan segenap SKPD lainnya ke kecamatan yang sangat jauh.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook