PENDIDIKAN

Gagal Ikut SNMPTN Banyak Kalangan Menyayangkan

INFOTANAHLAUT.COM-Gagalnya tahun ini Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tanah Laut yang berada di Jalan Al Fatah Matah Kecamatan Pelaihari yang tidak bisa mengikutkan siswanya untuk mengikuti program nasional melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi perhatian dari berbagai kalangan,sebut saja mulai dari Bupati Tala H.Sukamta, Kepala Kemenag Provinsi Kalsel dan Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Laut.
“Sangat disesalkan dan ini sebuah kelalaian pihak sekolah,sehingga siswa kelas 12 MAN 1 Tanah Laut gagal masuk Perguruan Tinggi (PT) melalui jalur SNMPTN. Ini jelas tidak bisa dibiarkan, dan patut dilakukan evaluasi secara menyeluruh oleh instansi tehnis agar tidak terjadi lagi dimasa mendatang,”kata Sukamta.
Lebih lanjut Sukamta menambahkan,melihat pada kondisi demikian juga patut dilakukan evaluasi pada manajemen sekolah,dan masalah ini sepenuhnya diserahkan ke instansi Pembina untuk mengevaluasi dan mengambil kebijakan startegis,tegasnya Senin malam,(24/2) kemarin.
Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalsel Drs.H.Noor Fahmi,MM dikonfirmasi melalui sambungan What Apps Selasa, (25/2) sedikit agak kaget.
“Mungkin kesalahan tehnis operator, akan tetapi kalau tidak melakukan sama sekali atau tidak ikut SNMPTN ini kesalahan yang jelas sangat fatal,”terangnya.
Ia menambahkan,melihat hal ini pihaknya akan melakukan evaluasi kepada sekolah tersebut dimana kesalahannya hingga tidak bisa ikut SNMPTN,tutupnya.
Hal senada diutarakan Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Laut Drs.Rusdi Hilmi.
Menurutnya,memang sangat disayangkan kenapa hal ini sampai terjadi,kekecewaan siswa dapat dirasakan betapa besarnya kerena lewat jalur SNMPTN tahun ini bisa gagal. Setelah dilakukan klarifikasi dan analisa,ternyata memang ada sedikit kendala. Mungkin penempatan tenaga operator yang kurang tepat,artinya operator yang kurang menguasai IT,kata Rusdi.
“Kepada sekolah sudah disarankan untuk memperbaiki semuanya,dan jangan sampai terjadi lagi hal demikian dimasa mendatang,”tutup Rusdi.
Jalur SNMPTN merupakan sebuah jalur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi siswa yang hendak meneruskan kejenjang pendidikan lebih tinggi di kampus negeri,walau tidak semua siswa yang meneruskan ke bangku kuliah,namun bagaimana bagi siswa yang berkeinginan kuat untuk melanjutkan ketingkat bangku kuliah menjadi kandas.Tung

0
0%
like
0
0%
love
1
33%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
2
66%
angry

Komentar Facebook