PENDIDIKAN

Gagal Ikut SNMPTN Dinilai Ada Kelalain Tehnis

INFOTANAHLAUT.COM-Gagalnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tanah Laut untuk mengikutkan siswanya guna masuk dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 ini dinilai ada faktor kelalaian tehnis,dan hanya tahun ini kelalaian tersebut terjadi,sedangkan ditahun-tahun sebelumnya sekolah ini selalu ikut SNMPTN.
Efeknya,gagal ikut SNMPTN sedikit tidaknya akan mempengaruhi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada sekolah tersebut dimasa mendatang.
Hal ini sangat disayangkan,karena program nasional melalui SNMPTN tersebut merupakan jalur yang menjadi incaran siswa-siswa untuk bisa dengan mudah meneruskan kejenjang pendidikan lebih tinggi dibangku kuliah,akan tetapi harapan untuk itu pun kandas total.
Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Andri Fazrian,ST pada kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Laut Selasa,(18/2) dikonfirmasi mengatakan,memang pada saat sosialiasi dari perguruan tinggi Kemenag juga ada turut mengirimkan operator kesana khususnya tentang pendaftaran online.
“Setelah dari sana,siswa bahkan dipanggil melalui pengeras suara disekolah,dan memang tidak semua siswa,hanya bagi mereka yang ingin mendaftarkan. Dari pihak perguruan tinggi yang swasta memang beres saja melakukan sosialisasi,dan untuk perguruan tinggi negeri seperti Unlam Banjarmasin yang tidak ada surat pemberitahuan karena mungkin pihak sekolah yang langsung dipanggil ke Unlam untuk menerima sosialisasi,”kata Andri.
Ia menambahkan,pada bidang Pendidikan Madrasah terus melakukan pemantauan kegiatan-kegiatan sekolah apalagi kalau ada program dari Kemenag Tala,karena untuk bidang pendidikan Madrasah kewenangannya provinsi.
Tidak bisa ikutnya MAN 1 Tanah Laut mengikuti SNMPTN tahun ini pun kabarnya mempengaruhi akreditasi sekolah tersebut.
Informasi dihimpun,bahwa MAN 1 Tanah Laut turun akreditasi dari A ke B.
Menyikapi itu Andri menuturkan,untuk akreditasi sekolah memang masih proses,dan belum menerima laporannya. Dalam penentuan akreditasi sekolah ada grade-gradenya,seperti menuju akreditasi A harus mempunyai nilai 91. Upaya yang dilakukan kepada MAN 1 Tanah Laut yakni dengan cros cek apa yang menjadi kendala dilapangan utamanya yang menyangkut tehnis untuk selanjutnya dievaluasi.
“Dengan gagalnya ikut SNMPTN sedikit tidaknya akan berpengaruh pada saat nanti penerimaan siswa baru,”tutup Andri.Tung

0
0%
like
0
0%
love
1
12%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
7
87%
angry

Komentar Facebook