POLITIK

Gambar Dua Paslon Didead Line Rabu Tuntas Dilipat

INFOTANAHLAUT.COM- Surat suara bergambar bergambar paslon nomor urut 1 H.Sukamta dan Abdi Rahman, dan paslon nomor 2 H.Bambang Alamasyah dan Ahmad Nizar, kini tengah di lipat untuk selanjutnya di pilih warga Kabupaten Tanah Laut pada pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Semenjak tibanya surat suara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut jalan A Syairani pada tanggal 8 Mei 2018 lalu sekitar pukul 03.00 wita, kini keberadaan surat suara tersebut kini tengah dilakukan proses pelilatan.
Proses pelipatan dengan melibatkan orang hampir 40 orang tersebut, telah dilakukan beberapa hari sebelumnya, dan pada hari Rabu (23/5) mendatang di dead line surat suara selesai sepenuhnya di lipat.
Divisi keuangan dan logistic KPU Tala Tri Widoyati, Sabtu (19/5) mengatakan, pelipatan surat suara di mulai pada hari Jum’at (18/5) kemarin pada pukul 14.00 wita, namun sebelumnya di berikan pengarahan kepada tenaga pelipat surat suara. Pelipatan sendiri di bagi 2 shif, pada pagi hari di mulai dari pukul 08.00 wita sampai ke pukul 15.00 wita, di teruskan dengan malam harinya dari pukul 20.00 wita sampai ke pukul 24.00 wita.
“tenaga pelipatan surat suara juga melibatkan dari outsosrching serta dari masyakarak umum dan sebagian dari staf KPU yang ikut bantu-bantu, sementara menyangkut pengupahan lipat surat suara di bayarkan sebesar Rp 1.50 potong pajak, jadi Rp 1.40 per lembar. Surat suara sendiri usai di lipat kemudian di ikat isi 50 lembar menggunakan gelang karet, kemudian di masukan dalam 1 kotak yang harus berjumlah 2.000 surat suara,”jelas Tri Widoyati.
Tri Widoyati menambahkan, seiring dengan selesainya pelipatan surat suara maka yang kini masih dalam proses menyusul adalah pada logistic lain seperti bantal busa, paku pencoblos, serta beberapa balongko lainnya.
Di ketahui, jumlah surat suara secara keseluruhan yang tiba di KPU sebanyak 235.449 lembar, dimana dalam 1 box berisi 2.000 lembar, 116 box yang harus di lipat. Kemudian ada 1 box isi 1.449 sebagai cadangan jika terjadi kerusakan surat suara, dan ada 1 box lagi isi 2.000 yang juga di gunakan untuk cadangan dalam kondisi yang emergency seperti saat pendistribusian surat suara ke suatu wilayah terjadi bencana alam.
Dari pantauan tempat pelipatan surat suara sudah di temukan surat suara yang di anggap rusak, yakni dengan adanya bercak garis-garis putih di atas gambar salah satu paslon, kemudian ada terdapat bercak tinta berwarna kuning di luar gambar dalah satu paslon, serta potongan kotak di gambar salah satu paslon yang begitu mepet atau tidak berjarak antara garis kotak dengan batas kertas.
Proses cetak surat suara sendiri dilakukan di PT. Temprima di kota Gresik Jawa Timur, dan proses pengirimannya menggunakan kapal laut.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook