POLRES TALA

Game SITALA Pandu Kamu Tentang Peraturan Lalu Lintas

INFOTANAHLAUT.COM-Bagi kamu-kamu yang kepingin punya Driving License atau Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk jenis SIM C bagi roda dua atau SIM A bagi roda empat, mungkin merasakan sulit karena harus melaui tahapan ujian praktek maupun ujian teori di bagian SIM Satlantas. Tapi, sejatinya untuk punya SIM sangatlah mudah, karena kini dari unit Satlantas Polres Tala punya aplikasi untuk memandu bagaimana cara mudah, selain juga sebagai edukasi tentang tertib berlalu lintas ketika kelak kamu mendapatkan SIM.
Itulah ia aplikasi SITALA yang bisa di dowdload via smart phone berbasis android lewat google playstore. SITALA punya arti Simulasi Tertib dan Aman Berlalu LinTas).
Tersaji dalam bentuk game (permaian), SITALA bahkan kini telah masuk dalam Trendding Topic di game di App store di peringkat ke 9 sebagai game yang di miliki Polri Khususnya Polres Tanah Laut.
Produk dari Satlantas Polres Tanah Laut dalam hal memberikan kemudahan sambil beredukasi bagi anak-anak tentang lalu lintas serta masyarakat untuk menyampaikan keluhan-keluhan dalam pelayanan, semua tersaji dalam aplikasi SITALA.
Apa sih SITALA ?
Kasat Lantas Polres Tanah Laut AKP Lalu Ryan Aditya, S.IK, Kamis (14/3/2019) memaparkan, SITALA dengan ikon hewan Kijang Mas yang mengenakan baju Satuan Polisi Lalu Lintas, dimana ikon Kijang Mas sebagai hewan khas dari Kabupaten Tanah Laut sengaja di buat untuk mengangkat kearifan lokal, dan bertujuan sebagai salah satu cara untuk simulasi. Selain di karenakan banyaknya keluhan masyarakat sulitnya membuat SIM, maka kini bisa di akses melalui Smart Phone yang isinya pengetahuan tentang lalu lintas.
“Semua tersaji menyangkut rambu-rambu lalu lintas, gambaran kondisi jalan dan marka serta peraturan lalu lintas lainnya,”papar Kasat Lantas.
Kasat Lantas menambahkan, program tersebut bisa di download di google Playtore dengan nama SITALA. Selain untuk kedekatan kepada anak-anak guna memberi pengertian serta edukasi tentang keselamatan berlalu lintas sejak usia dini, melewati SITALA agar anak-anak juga suka serta bisa mengerti tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas.
Game SITALA merupakan game edukasi lalu lintas yang di buat oleh Polres Tanah Laut dalam rangka menjawab keinginan masyarakat dalam menghadapi persoalan melalui ujian teori dan ujian praktek.
Bagi kaum Milleneal yang sangat dekat dengan game, maka game SITALA ini sangat membantu bagi yang kurang dekat dengan buku teori aturan lalu lintas, karena game ini mengandung banyak sekali aturan rambu lalu lintas yang bisa membuat Milleneal semakin cinta dengan lalu lintas.
Dalam game SITALA yang terdiri dari 4 level, pemainya di anggap sebagai orang yang baru belajar mengemudi dan akan di hadapkan dengan rambu-rambu serta peraturan lalu lintas yang harus di patuhi. Pada saat awal memulai game di layar sebelah kiri akan tampil dua buah tombol penunjuk arah belok ke kanan dan kekiri, dan di layar sebelah kanan ada gambar dua buah tombol penunjuk maju dan mundur. Dalam perjalanan, pemain mempunyai misi untuk berkendara di jalanan sebaik mungkin sambil mengumpulkan point-point yang ada di jalan sambil memperhatikan rambu lalu lintas contohnya saat melewati Zebra Cros (Rambu untuk pejalan kaki menyeberang jalan).
Diakhir game, pemain akan mendapatkan point yang menandakan bahwa pemain telah memenuhi kritetia kelulusan.
Aplikasi SITALA sendiri secara resmi di lounching oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalsel Irjan Pol Drs.Yazid Fanani, MSi pada bulan Januari 2019 lalu di Polres Tala.
Kapolda Kalsel juga mengapresiasi game SITALA. Kapolda Kalsel mengatakan, disiplin lalu lintas harus di mulai sejak dini, maka lewat game SITALA anak-anak sudah familiar terhadap aturan lalu lintas, sehingga pada tahapan selanjutnya anak-anak bisa mengaplikasikannya ketika ia memasuki usia dewasa.
“Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan Untuk Kemanusiaan”.Tung

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook