PEMERINTAHAN

Gebyar SIWAB Dukung Swasembada Sapi

INFOTANAHLAUT.COM- Desa Sumber Makmur di Kecamatan Takisung menjadi lokasi kegiatan gebyar Upaya Khusus (Upsus) Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab), Kamis (28/9).
Upsus Siwab yang di buka oleh gubernur Kalsel Sahbirin Noor, turut di hadiri pula bupati Tala Bambang Alamsyah dan sejumlah pejabat dinas terkait dari provinsi Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut.
Melengkapi gebyar Upsus Siwab di sekitar lokasi kegiatan di gelar pula bazar yang menyajikan produk-produk yang di buat oleh beberapa kelompok tani dan menggunakan bahan baku dari kotoran ternak sapi, untuk selanjutnya di gunakan sebagai pupuk tanaman maupun untuk kebutuhan ternak sapi sendiri.
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, Kabupaten Tanah Laut patut untuk terus di kembangkang potensi ternak sapi dalaam rangka untuk mendukung swasembada sapi.
Gubernur di dampingi bupati Tala bahkan menyaksikan proses inseminasi dan sekaligus melakukan penyuntikan sperma sapi melalui alat khusus.
Sememtara itu, kepala bidang Keswan, Kesmavet dan PPPH pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut Drh. M. Taufik di sela-sela kegiatan mengatakan, program ini sebagai upaya khusus dari Pemerintah dengan tujuan utama untuk meningatkan populasi sapi dan juga dari sapi indukan tersebut menjadi harapan untuk tidak lagi mengalami gangguang reproduksinya, seperti beranak terlambat, jarak antara anak yang terlalu panjang.
“target yang ingin di capai 1.1700 untuk akseptor di Tanah Laut, dengan jumlah sapi yang di inseminasi sebanyak 1000 ekor, dan untuk di Desa Sumber Makmur sendiri terkumpul sebanyak 1.300 lebih ekor sapi, dan di gebyar Upsus Siwab dilakukan pelayanan kesehatan reproduksi, serta ada pemberian obat cacing, dan vitamin secara missal,” jelasnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook