PENDIDIKAN

Generasi Anti Korupsi Dipersiapkan

INFOTANAHLAUT.COM-Menjadi manusia yang jujur memang berat tapi bukan tidak mungkin jika ada kemauan. Inilah yang di siapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Laut dalam rangka menciptakan generasi yang memiliki nilai kejujuran dan Anti Korupsi kedepannya melalui Bimbingan Teknis Anti Korupsi Tingkat SD/SMP di aula Disdikbud Tala sejak 11 November sampai 16 November 2019.
Kegiatan Bimtek tersebut di ikuti oleh kepala Sekolah tingkat SD dan SMP se Kabupaten Tanah Laut.
Setiap kepala sekolah mengikuti Bimtek selama dua hari. Kepala Sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut mengikuti bimtek dari tanggal 11-12 Nopember, sedangkan Kepala Sekolah SD di bagi dua kelompok, yaitu kelompok pertama terdiri dari Kecamatan Pelaihari dari tanggal 13-14 November, dan Kelompok kedua terdiri dari Kecamatan Kintap dari tanggal 15-16 November 2019.
Pemateri yang di hadirkan yaitu penyuluh bersertifikasi LSP KPK RI, Rofiah, S.Sos, M.Cs, menyampaikan materi mulai dari pengertian korupsi, sampai dengan 9 inisiatif anti korupsi untuk menciptakan tata sekolah berintegrasi salah satunya yaitu mencegah gratifikasi di lingkungan sekolah. Selain itu di hadirkan pula pemateri Arbain Yusran S.Ag, M.Pd.I, yang berfokus penyampaian materi pada aplikasi atau implementasi anti korupsi di sekolah.
Salah satu Kepala Sekolah Abdul Fatah, dari SDN 2 Kebun Raya Kintap mengaku Bimtek cukup berkesan.
“Pelaksanaannya luar biasa, para peserta cukup antusias dan penyaji cukup menguasai dalam penyampaian materinya, luar biasa,”ujarnya.
Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Disdikbut Tanah Laut Maslani, S.Pd, menjelaskan bahwa bimtek anti korupsi untuk kepala sekolah tersebut baru kalinpertama di adakan di Kabupaten Tanah Laut.
“Bahkan sepertinya pertama kalinya di Kalsel. Memang ada anjuran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di daerah untuk melaksanakan kegiatan anti korupsi, ada yang belum siap melaksanakan, ada yang sudah siap melaksanakan,”jelasnya.
Lebih lanjut Maslani menjelaskan, kegiatan merupakan langkah awal dengan target nantinya terbit peraturan dari Peraturan Bupati (Perbup) Tala untuk memasukkan muatan anti korupsi di pelajaran sekolah.
“Nanti akan buat sekolah model anti korupsi, sekarang mulai dari kepala sekolahnya dulu, mungkin tahun berikutnya ke gurunya. Disdikbud sedang menggarap Perbup Tala untuk nanti memasukkan materi antikorupsi ini dalam pelajaran,”tutupnya.
Dngan kegiatan ini nantinya menjadi harapan menciptakan manusia anti korupsi khususnya di Kabupaten Tanah Laut.
“Kita berharap generasi anak-anak kita, nantinya akan mengetahui banyak informasi dan menjadi manusia anti korupsi,”ujarnya. Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook