PENDIDIKAN

Generasi Millenia Yang Geser Budaya Ibu Membacakan Buku Keanak

INFOTANAHLAUT.COM- Dalam rangkaian kegiatan hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini, segenap sekolah taman kanak-kanak di Kecamatan Bajuin sebanyak 16 unit, telah melepas siswa Tknya sebanyak 315 untuk meneruskan ke jenjang sekolah tingkat SD.
Sabtu (5/5) tadi di lapangan sepak bola Desa Kunyit Kecamatan Bajuin, para siswa Tk se Kecamatan Bajuin di lepas dan sekaligus lounching program nasional berupa Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku).
Mengawali kegiatan, grup dari drum band TK Pembina Kecamatan Bajuin menunjukan kebolehannya dalam memainkan alat musik pukul, serta dengan formas barisan yang rapi.
Dalam program nasional tersebut di gambarkan sebuah kegiatan oleh kaum ibu atau para orang tua murid dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari petani, pedagang, bahkan hanya ibu rumah tangga biasa. Namun para ibu-ibu yang juga sebagai orang tua ini hanya di sibukkan dengan mengutak-atik smart phone.
Dalam jangka waktu yang lama, para ibu hanya memegang smart phone, baik chating facebook, WA, Istagram dan lain sebagianya, sehingga anak mereka tidak lagi di hiraukan, kendati di hiraukan hanya sebentar selanjutnya kembali memegang smart phone.
Kegiatan tersebut di hadiri kepala Dinas Pendidika dan Kebudayaan Tala Abdillah.
Abdillah mengatakan, Gernas Baku adalah keinginan pemerintah untuk membangkitkan kembali agar orang tua bisa kembali membacakan buku kepada anak, dan membiasakan sejak usia dini membacakan buku kepada anak.
“generasi millienia saat ini tantangan sedemikian hebat, dimana penggunaan teknologi di kalangan anak sudah mulai merambah, itu semua di perlukan peran dari orang tua untuk mengawasi, dan lewat Gernas Baku ini lah kembali menumbuhkan orang tua membacakan buku kepada anak,”kata Abdillah.
Hal senada juga di utarakan Selo Mento Rahayu selaku pengawas TK se Kecamatan Bajuin, bahwa diakui sekarang ketika orang tua sudah pegang smart phone maka urusan anak menjadi yang kesekian kalinya.
“selepas anak-anak Tk se Kecamatan Bajuin ini meneruskan ke jenjang SD, maka menjadi harapan besar peran orang tua untuk anak dengan cara membacakan buku tetap kembali ada, agar anak-anak wawasannya lebih luas,” ungkap Rahayu.
Di akhir kegiatan, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Tala menyerahkan ijazah kepada siswa TK yang selanjutnya akan meneruskan ke jenjang tingkat SD.
Kegiatan pelepasan siswa TK dan lounching Gernas Baku turut di hadiri Camat Bajuin, kepala UPT Diknas Kecamatan Bajuin, kepala Puskesmas Bajuin, M.Amin salah seorang ketua Pokta Desa Tebing Siring.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook