PUBLIK

GISA Kejar Target E KTP Jelang Pemilu 2019

INFOTANAHLAUT.COM- Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah menginstruksikan ke semua Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se Indonesia agar dapat mempercepat target penyelesaian data diri atau dokumen administrasi bagi warga Indornesia lewat Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E KTP), mengingat dalam waktu tidak lama lama bakal di langsungkan Pemilu Legilatif dan Pemilu Presiden RI. Dalam program pencapaian target dari Direjen di namakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) tahun 2018.
Bagi Disdukcapil Kabupaten Tanah Laut dalam rangka mengejar target penyelesaian E KTP tersebut terus menggenjotnya.
Sekretaris Disdukcapil Tala Nunun Trisnani di dampingi kasi pendataan penduduk Siti Khairiah, Rabu (14/11/2018) mengatakan, pihaknya terus menghimbau masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukan yang belum lengkap seperti akte kelahiran, E KTP, akte kematian, dan Kartu Keluarga (KK).
Disdukcapil Tala terus berupaya semaksimal melakukan pelayanan ke masyarakat, salah satunya lewat terjun langsung ke desa setelah adanya koordinasi dan permintaan dari kepala desa, baik perpanjangan maupun perekaman E KTP. Bentuk pelayanan lain kemasyarakat lewat kegiatan Manunggal Tuntung Pandang. Yang dilakukan hanya perekaman saja dan proses cetaknya di Disdukcapil. Data selanjutnya di kirim ke Pusat, setelah di verifikasi Pusat maka bisa di cetak atau tergantung rasionalisasi Pusat, kata Nunun pula.
Ia menambahkan, untuk target sampai bulan Desember 2018 terkait dengan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 di tergetkan 100 persen sesuai dari anjuran Pusat. Rata-rata masyarakat menyadari perlunya memiliki dokumen kependudukan, karena di gunakan untuk kepeluran lain seperti untuk pinjaman kredit di perbankan atau keperluan pengambilan kredit sepeda motor, kredit perumahan dan lain sebagainya.
Sementara menyangkut blangko E KTP masih tersedia di Disdukcapil, dan kalau stok menipis mengambilnya langsung ke Pusat. Dalam pemenuhan blangko pun di bantu Disdukcapil provinsi Kalsel dalam pengambilan blangko.
Hal senada di jelaskan kasi pendataan penduduk Disdukcapil Tala Siti Khairiah, bahwa stok blangko di katakan tipis jika blangko tersisa tinggal 500 buah blangko maka itu di laporkan keprovinsi Kalsel untuk penambahan blangkonya. Dalam Send For Androolment (Proses Personalisasi Mengirim data) tidak pernah angkanya di bawah seribu. Namun diakui keterbatasan personil atau operator di Disdukcapil masih kurang, dimana ada 3 buah alat dengan 3 buah personil. Kerja mereka kadang lembur sampai malam dan tidak ada anggaran lemburnya, pendek kata mereka kerja sosial.
Bentuk pelayanan lain dalam rangka agar masyarakat memiliki data dokumen diri yakni setiap hari Minggu di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai pun membuka pelayanan perekaman E KTP yang di namakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Setiap Ahad (Laksa). Dalam pelayanan Laksa sendiri rata-rata d atas 20 perekaman di dapat. Soal hasil fisik perekaman mau di ambil kembali minggu berikutnya atau mengambil di kantor Disdukcapil terserah kepada masyarakat.
Data dari Disdukcapil Tala tercatat ada sebanyak 1.565 E KTP yang siap cetak per 11 November 2018, dan sisa blangko saat sekarang 2.119 lembar.
Kegiatan lain terang Khairiah, terjadwal 1 minggu 3 kali, dimana terget itu masih untuk target Pemilu yakni ke sekolah-sekolah untuk pemilih pemula ke SLTA, dan rata-rata di dapat ada di atas 50 pemilih pemula yang sudah sampai usia 17 tahun. Selain itu pada saat hari H pencoblosan yang umurnya sudah sampai 17 tahun, Disdukcapil pun siaga untuk pelayanan perekaman E KTP. Kendala adanya gangguan Jarkomdat (Jaringan Komunikasi Data) terhadap 3 buah alat cetak kadang sering terjadi, akan tetapi jika normal bisa cetak E KTP sampai 500 lebih dilakukan PRR (Print Ready Record) atau siap cetak E KTP, bahkan kerja operator sampai malam.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook